Harap Tenang! Vaksin COVID Dipastikan Sulit Dipalsukan Bahkan Ada Kode Unik Ini

- 12 Februari 2021, 21:06 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 /Twitter/Kemenkes RI/@KemenkesRI/

KABAR BESUKI - Semakin hari, pemberitaan hoax terkait vaksin COVID menyebar di berbagai platform media sosial. Meskipun di tengah pandemi, banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan berbagai celah manapun yang menguntungkannya.

Sehingga berbagai upaya pemerintah dalam pencegahannya dilakukan sebuah antisipasi terkait vaksinasi COVID palsu.

Juru Bicara Vaksinasi COVID PT Bio Farma (Persero), Bambang Heriyanto angkat bicara. Bio Farma memastikan tidak akan ada vaksin COVID yang beredar di Indonesia.

Baca Juga: 4 Cara Mengetahui Kinerja Masker yang Tepat Agar Terhindar dari COVID, Tidak Semuanya Efektif Ternyata

Sehingga pihaknya melakukan sejumlah antisipasi atas munculnya vaksin COVID palsu dengan berbagai pemanfaatan teknologi.

Hal ini berupa kode identifikasi unik pada setiap kemasan dan vial atau botol vaksin. Apabila ke supermarket ada scan, barcode (kode batang).

Setiap kode identifikasi memuat banyak informasi pada setiap vaksin, mulai dari waktu produksi, kadaluarsa, hingga nomor identifikasi yang unik.

Baca Juga: Agnes Mo dan Raffi Ahmad Siap Digaet PKB untuk Pilkada Jakarta, Luqman Hakim: Ditimang Sebagai Calon Gubernur

Bambang juga menyebut kode batang akan selalu terpampang pada bagian luar vial vaksin. Menurutnya, satu vial hanya akan memuat untuk satu identitas yang tidak akan sama dengan vial vaksin lainnya.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah