Covid-19 Jadi Penyebab, Angka Pengangguran di Banyuwangi Meningkat Satu Tahun Terakhir

- 25 Februari 2021, 20:19 WIB
Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Banyuwangi, Tri Erwandi
Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Banyuwangi, Tri Erwandi /KabarBesuki.com

KABAR BESUKI - Adanya pandemi Covid-19 di Indonesia selama satu tahun terkahirberdampak terhadap pengingkatan pengangguran. Di Kabupaten Banyuwangi sendiri, angka pengangguran telah mengalami peningkatan akibat dampak pandemi covid-19.

Kepala Badan Pusat Statistika (BPS) Banyuwangi, Tri Erwandi menyebut, pandemi Covid-19 jadi pemicu kenaikan angka pengangguran di Banyuwangi.

Berdasarkan data hasil survei BPS, tingkat pengangguran di Banyuwangi kini menjadi 5,34 persen. Artinya naik sebanyak 1,26 persen bila dibandingkan tahun 2019 yang mencapai 4,08 persen.

Baca Juga: Rizky Febian Kembali Trending Twitter dengan Lagu 'Seperti Kisah', Berikut Lirik Lagunya

Bila dilihat secara angka riil, jumlah pengangguran pada tahun 2019 lalu sebanyak 37.054 ribu jiwa. Sementara pada tahun 2020 ini, jumlah masyarakat menganggur menjadi 49.252 ribu jiwa.

"Hal ini terpengaruh oleh kondisi pandemi yang kurang lebih selama satu tahun ini cukup terasa, dengan berbagai aktivitas yang banyak sekali ada pembatasan seperti tempat belanja, pertokoan juga dibatasi," ucap Tri, Kamis25 Januari 2021.

Menurutnya, ini bagian dampak pandemi Covid-19 yang biasanya dengan berbagai lapangan pekerjaan yang sudah disediakan. Justru penganggurannya bertambah naik.

Baca Juga: Sinopsis Film 'Geez and Ann', Kisah Romansa Dewa Kejutan dan Peri Kecil Tayang 25 Februari 2021 di Netflix

"Ini memang tanpa terasa dan harus kita sadari dimana perusahan-perusahaan juga mungkin mengalami stagnan, penurunan, bahkan ada juga pengurangan tenaga kerja," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini