Seberapa Efektif Vaksin Covid-19 Melawan 3 Varian Baru Virus Corona? Simak Penjelasannya Disini

- 14 Maret 2021, 09:58 WIB
ilustrasi virus corona
ilustrasi virus corona / geralt/pixabay.com/

KABAR BESUKI - Covid-19 masih belum berakhir semenjak diumumkannya penyakit ini sebagai pandemi oleh WHO tepat satu tahun yang lalu.

Belum selesai bergumul dengan virus corona varian SARS-CoV-2, saat ini sudah muncul hingga tiga varian baru di bagian dunia lain.

Varian baru virus corona ini muncul akibat dari mutasi dari virus SARS-CoV-2 yang terjadi karena beberapa alasan.

Baca Juga: Bukan Pertanda Cengeng, Ini Sejumlah Alasan Pria Menangis Meski Telah Berusaha untuk Menyembunyikannya

Hal ini cukup meresahkan dimana beberapa vaksin yang sudah diproduksi dan didistribusikan ternyata tidak begitu efektif menangkal varian baru tersebut. Virus B117 yang bermutasi di Inggris disebut sebagai salah satu varian yang paling berbahaya.

Selain B117 juga adala varian B1351 yang ditemukan di Afrika Selatan, dan P1 yang ditemukan di Brazil. Lalu seberapa ampuhkan vaksin Covid-19 terhadap varian baru virus corona?

Hampir semua jenis vaksin yang ditujukan untuk melawan virus asli Covid-19 (SARS-CoV-2), akan memiliki tingkat efektivitas yang sama dalam melawan varian B117.

Baca Juga: Dituduh Menderita Alzheimer, Raja Salman Tidak Akan Kembali ke Anggota Keluarga yang Berkuasa

Namun semua jenis vaksin belum ada yang memiliki efektivitas maksimal dalam melawan varian B1351. Setiap vaksin yang dihadapkan dengan varian B1351 akan mengalami penurunan tingkat efektivitas, atau antibodi.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: insider


Tags

Terkini