Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Tinjau Tambak Udang Milenial dan Budidaya Ikan Kerapu di Situbondo

- 17 Maret 2021, 11:29 WIB
Menteri Trenggono panen udang vaname
Menteri Trenggono panen udang vaname //Instagram/@swtrenggono

KABAR BESUKI - Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono, Selasa, 16 Maret 2021 melakukan kunjungan kerja di Jawa Timur.

Dikutip dari laman resmi KKP, salah satu tempat yang dikunjungi adalah Tambak Udang Milenial atau Millenial Shrimp Farming (MSF) di Situbondo.

"Seperti kita ketahui, perikanan budidaya mendapat perhatian Presiden Joko Widodo. KKP mendapat mandat untuk mengoptimalkan produksi perikanan, sebanding dengan potensi yang dimiliki," ujar Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M., Menteri Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang tertuang pada siaran pers tersebut.

Baca Juga: Sering Terbangun Tiba-tiba di Tengah Malam? Lakukan 7 Hal Ini Supaya Anda Tertidur Kembali, Terutama Nomor 3

MSF ini merupakan program pencontohan budidaya udang vaname dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang melibatkan para kaum milenial di Situbondo.

Menteri KKP yang lebih akrab disapa Menteri Trenggono dalam kunjungan kerjanya tersebut, juga nampak ikut panen udang vaname langsung dari tambak.

Melalui Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP), MSF ini mampu menggerakkan ekonomi masyarakat Desa Gundil, Kabupaten Situbondo terutama bagi kaum milenial.

Baca Juga: Peresmian Puslatpurmar 7 Lampon, Gedungnya Memakai Nama Pahlawan yang Meninggal di Banyuwangi

Selain itu, BPBAP Situbondo juga membentuk kelembagaan usaha profesional (Corporate Farming), yang dimana sharesholder-nya adalah rakyat (pembudidaya) yang tergabung dalam Koperasi, BUMDES, dan swasta profesional.

"Diperlukan para kaum milenial yang memiliki kreativitas dalam dunia industri 4.0 ini," terang Trenggono.

Menteri Trenggono juga memaparkan bahwa komoditas udang dipilih menjadi prioritas berdasarkan data ekspor periode 2020, diketahui volume ekspor udang Indonesia mencapai 239.227 ton, dengan nilai US$2,04 miliar.

Baca Juga: Alami KDRT, Nindy Ayunda Berani Bongkar Perilaku Suaminya di Hadapan Feni Rose

Sementara itu, pengembangan perikanan budidaya ini juga diperlukan dukungan kajian ilmiah dan perencanaan bisnis yang matang.

Selain meninjaui Tambak Udang Milenial, Menteri Trenggono juga sempat mengunjungi pembenihan ikan Kerapu, Baramundi (Kakap putih) dan Lobster.

"Di lokasi saya melihat hasil budidaya Kerapu Hybrid yaitu Kerapu hasil persilangan dari dua jenis induk Kerapu yang berbeda," jelas Trenggono, dalam caption akun Instagram pribadinya @swtrenggono.

Baca Juga: Heboh! Episode Bajaj Bajuri Tahun 2002 Ramalkan Virus Covid-19 Saat Ini, 'Tanpa Sadar..' [Cek Fakta]

Dikutip kembali dari laman KKP, tercatat Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui BPBAP Situbondo mendistribusikan bantuan benih sejumlah 40.000 ekor pada bulan Mei 2020.

Bantuan tersebut diserahterimakan pada kelompok pembudidaya ikan Kerapu yang secara ekonomi usahanya terdampak pandemi Covid-19.

"Dari dua lokasi ini saya melihat kita ini punya potensi besar, sehingga perlu kita libatkan kaum milenial untuk mengenal dan terjun langsung dalam dunia akuakultur," terang Trenggono.***

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: KKP


Tags

Terkini

x