Menkominfo Johnny G Plate Sebut Startup Mampu Dorong Sektor Ekonomi Digital di Indonesia

- 18 Maret 2021, 20:57 WIB
Menkominfo Johnny G Plate.
Menkominfo Johnny G Plate. /Foto: kominfo.go.id/Humas/
KABAR BESUKI - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memaparkan munculnya startup digital menjadi salah satu kontribusi untuk mendorong Indonesia jadi pemenang di sektor ekonomi digital. Dengan keberadaan sektor hilir ekonomi digital tersebut akan melengkapi upaya Pemerintah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
 
“Kehadiran startup digital seperti Traveloka di hilir digital ekonomi akan mewarnai perjalanan bangsa ini untuk menjadi pemenang di digital ekonomi kita. Saya tentunya menyambut dengan baik ini dan pemerintah mengambil bagiannya secara sungguh-sungguh,” ujarnya Johnny G Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika, dalam Grand Opening Traveloka Campus di The Breeze BSD City, Tangerang, Kamis, 18 Maret 2021.
Baca Juga: DPRD Banyuwangi Sampaikan Rekomendasi Atas LKPJ Bupati Akhir Tahun Anggaran 2020

Dilansir Kabar Besuki dari laman Antara, Menkominfo menjelaskan kehadiran startup digital seperti Traveloka Campus, memberikan gambaran pandemi Covid-19 tidak akan mampu hentikan semangat pemerintah untuk terus bekerja maju.

Menteri Johnny mengatakan bahwa sektor ekonomi digital berpeluang menjadi salah satu andalan dalam pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 seperti yang telah diketahui bersama telah memberikan dampak yang bagi dunia, salah satunya Indonesia. Sektor yang paling terdampak yakni perekonomian dunia," ujar Johnny.
Baca Juga: Serius! Pemkab Bangkalan Majukan Pilkades Secara Serentak Tahun 2021 Ini

Menteri Johnny mengibaratkan kalau perekonomian global kita sedang terkontraksi secara dalam, perekonomian regional terkontraksi juga.

Menkominfo juga menyatakan kontraksi ekonomi Indonesia pada tahun 2020 adalah minus 2,07%.

Menurutnya, jika dibanding dengan negara-negara besar seperti  Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Prancis. Bahkan, di kawasan ASEAN seperti Singapura, Malaysia, maupun Filipina kontraksi ekonominya masih dalam.

Namun dengan leadership yang kuat, kerja yang serius, selalu melakukan adaptasi dan agility terhadap Covid-19 dibawah leadership Presiden Joko Widodo, serta didukung oleh pemerintah daerah, nantinya, Indonesia akan menjadi salah satu dari sedikit negara yang berhasil untuk menekan sehingga kontraksinya kategorikan sebagai rendah.
Baca Juga: Warga Surabaya Buruan Daftar! Pemkab Surabaya Buka Lowongan Dewan Pengawas PDAM Surya Sembada

Selain mengapresiasi dan mendorong kemunculan startup digital beserta ekosistemnya seperti lembaga pendidikan dan pengembangan, Menkominfo juga menyatakan Pemerintah bisa mengambil bagian dalam penyediaan infrastruktur TIK agar meningkatkan rasio akses internet yang lebih merata di seluruh Indonesia.

Menteri Kominfo menegaskan, Indonesia untuk pertama kalinya mengintervensi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang disiapkan dalam blended financing, untuk memastikan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi merata di seluruh Indonesia.

Mengutip data Kementerian Dalam Negeri, Menteri Johnny menyebutkan total jumlah desa dan kelurahan di seluruh Indonesia mencapai 83.218. 
 
Menurutnya, masih ada sebanyak 12.548 diantaranya yang masih blankspot atau tidak terjangkau akses internet 4G.
 
Kementerian Kominfo dalam hal ini terus konsisten untuk menyatukan Indonesia melalui pembangunan infrastruktur TIK secara masif.

Menurut Menkominfo, semangat yang sama juga dilakukan oleh mitra operator seluler akan menyelesaikan jaringan 4G di wilayah komersial yang menjadi wilayah kerjanya.

Dengan demikian, digital ekonomi bisa diharapkan bertumbuh dan berkembang secara luar biasa, hilir dari digital ekonomi yang mampu tumbuh secara eksponensial.

Selain membangun infrastruktur TIK, Pemerintah juga mengambil kebijakan-kebijakan strategis guna menghantar masyarakat Indonesia mengisi dan bermigrasi ke ruang digital.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x