Mensos Rismaharini Turun Langsung Kelapangan Papua untuk Sinkronisasi Data Penerima Bansos

- 21 Maret 2021, 14:40 WIB
Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini (kanan) memberi keterangan kepada sejumlah wartawan usai kegiatan tanam pohon di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/3/2021)
Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini (kanan) memberi keterangan kepada sejumlah wartawan usai kegiatan tanam pohon di Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/3/2021) /Genta Tenri Mawangi/Antara

KABAR BESUKI - Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini turun langsung kelapangan dan secara langsung mengawasi sinkronisasi atau penyatuan data penerima bantuan sosial (bansos) di tujuh kabupaten daerah pegunungan Provinsi Papua.

“Kami harus ke sana. Jadi, kami harus jemput bola, termasuk di Papua itu ada tujuh kabupaten yang sama sekali belum melakukan updating (pembaruan data),” kata Tri Rismaharini yang akrab disapa Risma, saat ditemui di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu 21 Maret 2021.

Risma menjelaskan ia bersama tim dari Kementerian Sosial dan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri RI rencananya minggu depan turun langsung memeriksa data di lapangan.

Baca Juga: Inspiratif, Yuk Simak Kisah Sukses Rio yang Merupakan Salah Satu dari Peserta Kartu Prakerja Ini

“Di Papua, ada sekitar 77 daerah (yang sudah ditinjau), tinggal (tersisa) tujuh daerah di pegunungan. Kemungkinan, aku minggu depan turun, saya dengan Dirjen Dukcapil sekaligus mengevaluasi data yang ada,” kata Risma.

Dalam kesempatan itu, ia menerangkan ada beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pihaknya untuk melakukan penyatuan data penerima bansos, terutama untuk warga di daerah terpencil, yang sebagian besar adalah kelompok masyarakat adat.

“Ada daerah yang memang harus kami terpaksa ke sana karena sambungan telekomunikasi tidak ada. Kemudian, kami akan bawa jaringan sendiri (saat melakukan survei di daerah terpencil),” ujar Risma, seraya menambahkan pihaknya turut bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi untuk memfasilitasi penyediaan jaringan.

Baca Juga: Wanita Pencinta Kucing Sering Dianggap Sebagai Calon Istri Terbaik, Ternyata Ini Alasannya

Risma menargetkan sinkronisasi data penerima bansos di seluruh daerah Indonesia akan rampung pada akhir Maret 2021.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini