Sering Lupa! Kebiasaan Makan yang Sering Kita Lakukan Terkadang Salah, Begini Anjurannya yang Benar

- 22 Maret 2021, 08:09 WIB
ilustrasi makan
ilustrasi makan /fauxels/pexels.com/@fauxels

KABAR BESUKI - Makan dan minum merupakan hal wajib yang dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia, tanpa makan dan minum orang tidak akan bisa hidup. Manusia membutuhkan gizi dan vitamin dari makanan yang mereka makan untuk bertahan hidup. 

Sejatinya pengertian dari makan adalah kegiatan konsumsi makanan biasanya untuk menyediakan energi bagi organisme heterotrof dan memungkinkan pertumbuhan. Kebutuhan energi bagi tubuh dari makanan yang kita makan dalam satu hari sebesar 2.000 kalori.
 
Sementara itu, kebutuhan karbohidrat manusia dalam satu hari adalah 325 gram, protein sebanyak 75 gram, dan lemak sebesar 44 gram.
 
Kandungan dari makanan juga harus sesuai, jangan berlebihan dan jangan sampai kurang. Makan yang berlebihan membuat manusia gampang untuk terserang penyakit seperti, obesitas, diabetes, stroke, jantung dan masih banyak lagi.
 
Sebaliknya jika kita kekurangan asupan makan tubuh juga akan mengalami gangguan seperti lemas, pusing, busung lapar, maag dan lain sebagainya.
 
Maka dari itu kita harus menjaga pola makan kita. Dalam kegiatan makan kita juga wajib mengerti tentang aturan-aturannya. Meskipun kegiatan tersebut hampir setiap hari kita lakukan, namun terkadang kita melakukannya dengan salah.
 
Dalam Islam juga ada dalil yang menjelaskan adab ketika makan dan minum, dalam hadist Imam Muslim nomor 2024 dari Anas Rodhiyallahu'anhu, ia berkata,
 
"Dari Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bahwa sanya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri." Kemudian Qotadah berkata bahwa mereka kala itu bertanya kepada Anas, "bagaimana dengan makan sambil berdiri?" Lalu Anas menjawab, "itu lebih parah dan lebih jelek."
 
Berikut ini penjelasan tentang hal-hal apa saja yang dianjurkan ketika makan dan minum, sebagaimana dikutip dari Buku Adab saat Makan dan Minum serta hadist.
 
1. Minum dan Makan Sambil Duduk
Terlepas dari perbedaan pendapat yang sudah dijelaskan oleh para ulama tentang hukum makan atau minum sambil berdiri, setidaknya secara medis sudah dijelaskan bahwa minum sambil duduk itu dianggap lebih baik daripada minum sambil berdiri atau sambil tiduran.

Bahkan secara adat-istiadat, di sebagian tempat mungkin makan dan minum sambil berdiri itu dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan.

Baca Juga: Korban Jiwa Berjatuhan! Demo di Bristol Inggris Menyebabkan Polisi Terluka dan Kendaraan Dibakar

2. Mengucapkan Basmallah

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu'anha:

"Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia mengucapkan Bismillah (menyebut nama Allah Ta'ala). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah di awal, hendaknya ia mengucapkan: "Bismillahi awwalahu wa aakhirotu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)". (HR. Tirmidzi).

Baca Juga: Presiden Joe Biden Mengecam Presiden Turki Atas Keputusannya Keluar dari Pakta yang Melindungi Hak Wanita

3. Makan dan Minum dengan Tangan Kanan

Dari Umar bin Abi Salamah, ia berkata, "Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallhu'alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah Saw bersabda,

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini