Sekolah akan Dilaksanakan Secara Tatap Muka, Satgas COVID-19: Ada Tahapan-Tahapan yang Dilalui

- 23 Maret 2021, 08:50 WIB
Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka
Ilustrasi Pembelajaran Tatap Muka /ARAHKATA/TRENGGALEKPEDIA.COM/Okpriabdhu Mahtinu.

KABAR BESUKI - Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Covid-19 mengatakan setidaknya ada sejumlah langkah yang harus dilakukan pemerintah saat menggelar sekolah tatap muka di tengah pandemi yang masih melanda Tanah Air.

"Saya mungkin mau menjelaskannya bukan dari konteks hanya vaksinasi. Membuka suatu aktivitas kegiatan sosial, ekonomi salah satunya pendidikan, itu ada tahapan-tahapan yang dilalui," tutur Wiku menjelaskan.

Wiku Adisasmito menyatakan keterangannya tersebut kepada wartawan saat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, pada hari Senin 22 Maret 2021.

Baca Juga: Biar Orang Tuamu Tak Terinfeksi COVID-19, Lakukan 4 Tips Aman Ini untuk Merawat Mereka Selama Pandemi

Menurut Wiku, ada lima langkah yang harus dilalui saat membuka sekolah secara tatap muka. Dia merinci lima langkah, yaitu prasyarat, waktu, prioritas, koordinasi, dan tindak lanjut.

"Ada lima tahapan. Pertama prakondisi, kedua adalah timing, kapan dibukanya, yang ketiga adalah prioritas, sektor mana yang dibuka atau daerah mana yang dibuka, kemudian berikutnya keempat adalah koordinasi pusat dan daerah," kata Wiku.

Baca Juga: Tinjau Langsung Jembatan yang Ambruk, Bupati Bangkalan: Ini Sangat Penting Untuk Segera Ditindaklanjuti

"Jadi kan Indonesia luas, jadi untuk bisa membuka tentunya harus ada koordinasi pusat dan daerah agar siap dengan baik. Dan yang kelima itu adalah monitoring dan evaluasi," kata Wiku menambahkan.

Dari lima tahapan tersebut, lanjut Wiku, pemerintah bisa mengetahui apakah sekolah tatap muka bisa dibuka kembali atau tidak.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini