Sering Overthinking? Lakukan 4 Tips Meditasi Ini Agar Memperoleh Hasil Maksimal

- 9 April 2021, 16:35 WIB
 Ilustrasi Meditasi
Ilustrasi Meditasi /Rizqi A/PIXABAY/mohamed_hassan

KABAR BESUKI – Seringkali banyaknya tuntunan pekerjaan serta beban hidup lainnya yang harus ditanggung membuat Anda merasa overthinking hingga menyebabkan stres berlebihan.

Menghilangkan overthinking bukanlah perkara mudah, karena seringkali tanggung jawab yang Anda pikul tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk beberapa orang lain terutama anggota keluarga yang harus dinafkahi.

Bahkan, kebiasaan overthinking tak jarang berujung pada tindakan kriminal hingga aksi bunuh diri jika tidak segera ditangani dengan bijak.

Baca Juga: Penelitian Menunjukkan Bermain Game Bisa Menurunkan Tingkat Depresi Anak Laki-Laki, Simak Penjelasannya

Baca Juga: 5 Manfaat Bermain Catur untuk Kecerdasan Otak Menurut Penelitian, Salah Satunya Meningkatkan Kreativitas

Salah satu cara efektif untuk menghilangkan atau mengurangi overthinking adalah dengan melakukan meditasi, dan berikut ini beberapa tips meditasi yang efektif dan dapat Anda lakukan untuk mengusir overthinking sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Healthline:

  1. Buatlah Jadwal Secara Konsisten

Menentukan jadwal meditasi dan melaksanakannya secara teratur merupakan salah satu langkah sederhana untuk melatih otak Anda bahwa ada saatnya Anda harus mengistirahatkan pikiran dari segala beban yang menghantui.

“Latihan harian yang konsisten adalah cara untuk memperoleh manfaat kesehatan mental terbesar dari meditasi,” kata psikoterapis Haley Neidich, LCSW sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari Healthline.

Meski demikian, Anda tidak perlu menerapkannya secara militan atau terlalu disiplin pada jam atau waktu tertentu setiap harinya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Healthline


Tags

Terkini

x