Kasal Ungkap Jika Listrik KRI Nanggala-402 dalam Keadaan Menyala, Kemungkinan Oksigen Bertahan Hingga 5 Hari

- 24 April 2021, 18:54 WIB
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali
Kapal Selam KRI Nanggala 402 Milik TNI AL Hilang Kontak di Perairan Laut Bali /Aini/pixabay/Engin_Akyurt

KABAR BESUKI – Pencarian KRI Nanggala-402 masih terus dilakukan. Dalam hal ini, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono menyampaikan kemungkinan kapasitas oksigen KRI Nanggala-402 dapat bertahan sampai 5 hari.

Namun hal tersebut berlaku apabila listrik dalam kapal selam tersebut tetap menyala.

"Ketika kapal tidak blackout atau memiliki kemampuan kelistrikan, ini (kapasitas oksigen) bisa sampai 5 hari," kata Laksamana TNI Yudo Margono saat jumpa pers di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Bali, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 24 April 2021.

Namun hingga saat ini, Kepala Staf Angkatan Laut belum dapat memastikan apakah KRI Nanggala-402 saat berlayar dan turun ke bawah permukaan laut itu dalam keadaan mati listrik (blackout) atau tidak.

Baca Juga: Bandara Banyuwangi Siap Gunakan GeNose C19 Syarat Penerbangan, Guna Menekan Tingkat Penyebaran Corona

"Kemarin yang saya sampaikan (mesin dan listrik, red.) masih hidup semua, dan isyarat-isyarat untuk perang tempur, perang menyelam ini masih terdengar dari kapal penjejak Kopaska (Komando Pasukan Katak) yang jaraknya 50 meter dari kapal selam tersebut," ujar Yudo.

Mengenai hal ini, Yudo berharap KRI Nanggala-402 tidak dalam keadaan listrik mati. Secara teori, jika listrik dalam kapal selam mati total, kapasitas oksigen hanya tersedia sampai 72 jam atau kurang lebih 3 hari. Sedangakan KRI Nanggala-402 sendiri telah hilang kontak pada hari Rabu 21 April 2021 sekitar pukul 03.00 WITA.

Diperkirakan apabila kondisi kapal dalam keadaan blackout, oksigen hanya akan tersedia sampai Sabtu (24/4) pukul 03.00 WITA. Namun, jika aliran listrik masih menyala, kemungkinan kapasitas oksigen dalam kapal akan tersedia sampai 5 hari dan akan habis kurang lebih pada hari Senin 26 April 2021.

Baca Juga: 'Sekali Hirup Anda Akan Masuk Surga' Gambar Anies Tunjukkan Lem Aibon [Cek Fakta]

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x