Staf Khusus Presiden Unggah Video Wajah Ibu Kota Negara Indonesia yang Baru, Benar Sangat Indah

- 3 Mei 2021, 11:22 WIB
Pradesain ibu kota baru. Anggota DPR Gde Sumarjaya Linggih menyatakan beban Jakarta akan berkurang jika ibu kota jadi pindah ke Kalimantan Timur.
Pradesain ibu kota baru. Anggota DPR Gde Sumarjaya Linggih menyatakan beban Jakarta akan berkurang jika ibu kota jadi pindah ke Kalimantan Timur. /Instagram/@jokowi

KABAR BESUKI - Baru-baru ini Staff Khusus Presiden Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden Joko Widodo, mengunggah wajah dari Ibu Kota Negara Indonesia yang baru.

Ibu Kota Negara (IKN) akan resmi dipindahkan ke Kabupaten Penajam Paser Utara, dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur sudah memasuki tahap finalisasi. Meski pandemi covid-19, pemerintah pusat tetap serius menyelesaikan dasar-dasar sebagai persiapan pemindahan ibu kota

Komunitas Solver Society, salah satu program dari IYKRA Indonesia oleh IYKRA Indonesia-, yang merupakan wadah bertemunya Subject Matter Experts dan Data Experts, melakukan project analisis terhadap perkembangan pemindahan IKN Indonesia saat ini.
Baca Juga: Tips dan Trik Ternak Kelinci agar Cepat Beranak dan Sehat Dijamin Berhasil

Diketahui, pemindahan IKN akibat kepadatan penduduk Jakarta mengalami fenomena Urban Heat Island. Fenomena ini ditandai dengan semakin meningkatnya suhu kawasan pusat kota dibandingkan dengan kawasan di sekitarnya.

Tim Solver Society menganalisis apabila pemindahan IKN resmi dilakukan, maka akan berdampak terhadap lingkungannya. Namun demikian, diharapkan bisa dilakukan mitigasi terhadap dampak perubahan ibu kota dengan lingkungannya.

Peserta Solver Society, Ristandi, menuturkan hal ini perlu menjadi perhatian karena jika Kalimantan resmi menjadi IKN baru, maka diprediksi kepadatan penduduk akan naik dua kali lipat yakni hingga 160 persen pada 2065.
Baca Juga: Anak Indigo Menerawang Bahwa KRI Nanggala-402 Menerobos Segitiga Bermuda, yang Dikuasai Kanjeng Dewi Lanjar

"Tak hanya akan mengalami Urban Heat Island jika tidak diantisipasi sejak dini berdasarkan regresi dari data 1991-2020, suhu calon IKN akan bertambah 0,3'C dalam 10 tahun," jelas dia, dalam keterangan resminya, Jumat, 30 April 2021.
 
Pemerintah sudah mempersiapkan pembangunan ibukota baru, paling cepat akan groundbreaking di tahun ini. Lokasi untuk letak istana presiden yang akan menjadi titik 0 juga sudah ditentukan. Presiden Jokowi bahkan sejak 2019 sudah punya ancar-ancar lokasinya.
 
"Siap secara fisik kita siap membangun istana. Kita sudah menentukan titik 0 di mana istana presiden akan dibangun. Core-nya kita harus tahu dulu. Dari kawasan ini dengan demikian bisa dibangun secara bertahap," kata Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa.
Dalam rencananya, kata Suharso, ada kurang lebih sekitar 500 ribu hingga 700 ribu jumlah penduduk yang kemungkinan akan tinggal di IKN yang baru.

Lahan yang akan dibangun untuk pembangunan IKN di Kalimantan Timur, kata Suharso juga merupakan lahan berpenduduk dan tidak perlu diambil alih oleh pemerintah. Justru masyarakat yang masih tinggal di lahan IKN harus merasakan dampak positif dari pemindahan IKN.

Untuk pengembangan daerah Ibu kota baru, Suharso menjelaskan tidak akan menggunakan dana APBN sepenuhnya, berharap andil dari swasta. Pemerintah sudah mempersiapkan semua baik Build Operate Transfer (BOT) hingga Business to Business.

Dikutip Kabar Besuki dari akun Instagram resmi milik Dr. M. Fadjroel Rachman Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi sekaligus Juru bicara Presiden Joko Widodo pada Kabinet Indonesia Maju @fadjroelrachman, mengunggah video proyeksi tata ibu kota baru Indonesia.

Baca Juga: Anak Muda Wajib Tahu, Inilah Penyebab Tumbuh Uban Rambut Putih Meski Usia Masih Muda

Dalam video unggahannya, wajah ibu kota baru yang berada di Kabupaten Penajam sungguh sangat indah tanpa menghilangkan nuansa hijau asri pepohonan dan hutan di kawasan tersebut.

Fadjroel berkata pemerintah menjadikan proyek pembangunan IKN sebagai strategi pemulihan Indonesia. Seperti dilansir dari Antara, mega proyek ini diharapkan mengatrol perekonomian Indonesia pascakrisis.

"IKN ini sebenarnya masuk salah satu strategi pemulihan ekonomi kita setelah menghadapi pandemi karena dengan IKN mungkin akan menyerap cukup besar, sekitar Rp500 triliun," kata Fadjroel.

Baca Juga: Terungkap! Inilah Nominal Gaji Pertama Luna Maya, Setara Bisa Buat Beli 3 Mangkok Bakso?

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Instagram @movreview


Tags

Terkini

x