INFO CUACA HARI INI: Beberapa Wilayah Ini Akan Diguyur Hujan Lebat

- 7 Mei 2021, 12:42 WIB
Gambar Ilustrasi Cuaca.
Gambar Ilustrasi Cuaca. /Dimitrisvetsikas1969/Pixabay.com/Dimitrisvetsikas1969

KABAR BESUKI – Cuaca akhir-akhir ini sering tidak menentu. Mulai dari panas, hujan, hingga badai sering terjadi. Beberapa daerah di Indonesia diprediksi oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang.

Berdasarkan data yang diberikan BMKG, Jakarta, hari ini Jumat 7 Mei 2021, wilayah yang berpotensi bakal turun hujan lebat antara lain Aceh, Sumatra Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Kalimantan Barat.

Selain di wilayah tersebut, hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang juga diperkirakan bakal menerjang Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, dan Papua.

Baca Juga: Staycation Solusi Bagi Masyarakat yang Tidak Mudik Lebaran, Tetap Liburan Meski tak Keluar Kota

Selanjutnya, daerah yang berpotensi mengalami hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang terdapat di Sumatra Utara, DKI Jakarta, dan Papua Barat. Untuk itu masyarakat dihimbau agar tetap waspada dalam berkegiatan mengingat cuaca hujan yang lebat disertai kilat atau petir.

Hari ini pihak BMKG juga memberikan peringatan gelombang tinggi yaitu 2,5-4 meter di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Pulau Enggano - Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan dan Barat, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai - Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali - Lombok - Alas bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa sampai Sumbawa.

Dikarenakan adanya prakiraan gelombang tinggi, untuk itu masyarakat juga diharapkan memperhatikan dan waspada resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

Baca Juga: Gadis Kelas 6 SD Asal Idaho AS Ditahan Sebagai Tersangka Penembakan di Sekolah, 2 Siswa Alami Luka tembak

Terutama pada pelayaran yang melibatkan perahu nelayan, kapal tongkang, kapal feri, dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar. Gelombang tinggi diperkirakan akan menghambat pelayaran dan meningkatnya resiko pelayaran.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: PMJ News


Tags

Terkini