Pengolahan Sampah Jadi Listrik Terbesar di Indonesia, Mampu Aliri 5.885 Rumah dengan Daya 1.300 VA

- 7 Mei 2021, 20:35 WIB
Gundukan sampah
Gundukan sampah /Dok. PR Tasikamalaya/Fitri Rachmawati/

KABAR BESUKI – Fasilitas pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Kota Surabaya, telah diresmikan oleh Presiden Jokowi, Kamis, 6 Mei 2021.

Sementara itu, menurut Direktur Utama PT PLN (Persero) Zulkifli Zaini mengatakan instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik (PSEL) yang berada di TPA Benowo, Surabaya, tersebut mampu mengalirkan listrik kepada sekitar 5.885 rumah tangga dengan daya masing-masing 1.300 VA.

“Untuk PSEL Benowo kapasitas 9 MegaWatt ini dapat digunakan untuk melistriki sekitar 5.885 rumah tangga dengan daya 1300 VA di wilayah Surabaya dan sekitarnya,” ujar Zulkifli.

Baca Juga: Kenali 14 Penyakit yang Sering Melanda Hewan Peliharaan, Salah Satunya Kambing

"Oleh karena itu, kami mendukung penuh pengembangan bauran energi dari fosil ke ramah lingkungan dengan melakukan pembelian energi listrik berbasis sampah," sambungnya.

Zulkifli menuturkan, PSEL Benowo ini merupakan PSEL pertama di Indonesia yang menggunakan konsep zero waste dengan proses gasifikasi dan untuk produksi listrik dengan kapasitas 9 MegaWatt. PLN pun mendukung penuh pengembangan bauran energi dari fosil ke ramah lingkungan.

Zulkifli yang pernah menjabat Direktur Utama Bank Mandiri pada 2010-2013  itu juga menjelaskan keunggulan teknologi zero waste, yakni tidak ada sampah yang tersisa dibanding teknologi sebelumnya yang masih memiliki residu.

Baca Juga: Melebihi Beriktikaf, Ini Penjelasan Pahala yang Didapat Seorang Suami Saat Mengajak Jalan Istrinya

Selain itu, menurutnya PSEL Benowo ini termasuk salah satu program pemerintah percepatan pembangunan instalasi pengolah sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x