LaNyalla Turut Berduka, Ketua DPD RI: Disparbud Seharusnya Menjamin Keselamatan Masyarakat yang Berwisata

- 16 Mei 2021, 15:33 WIB
Potret LaNyalla saat di Nusa Tenggara Timur/Tangkap Layar Akun Instagram @lanyallamm1
Potret LaNyalla saat di Nusa Tenggara Timur/Tangkap Layar Akun Instagram @lanyallamm1 /

KABAR BESUKI - Tempat wisata di beberapa daerah yang masih buka mendapatkan respon tegas dari Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Ia meminta para pengelola agar memperketat penerapan standar operasional prosedur (SOP) keselamatan yang ada.

Minggu, 16 Mei 2021 LaNyalla memberikan gambaran tentang kecelakaan yang terjadi di tempat wisaya Waduk Kedung Ombo, Jawa Tengah. Kata LaNyalla, kecelakaan itu harus menjadi pelajaran bagi semua pihak, khususnya para pengelola tempat wisata.

Sebanyak 20 penumpang tenggelam di Waduk Kedung Ombo akibat kecelakaan tersebut. Namun 11 orang berhasil diselamatkan, 6 orang ditemukan meninggal dan 3 lainnya masih dalam pencarian.

Baca Juga: Heboh Video Seorang Pemuda Asal Lebanon Tewas Seketika Setelah Ditembak Mati oleh Tentara Israel

"Turut berduka atas kejadian itu. Peristiwa ini harus menjadi pelajaran ke depan dan harus ada evaluasi secara menyeluruh. Disparbud seharusnya menjamin keselamatan masyarakat yang berwisata," ungkap LaNyalla di Jakarta yang telah Kabar Besuki kutip dari situs Antara.

LaNyalla menyarankan lokasi wisata ditutup dahulu guna mendukung proses pencarian korban. Kemudian, ia meminta pengelola bertanggungjawab sepenuhnya.

"Kedua evaluasi SOP keselamatan. Pastikan yang naik perahu semua memakai pelampung, kapasitas perahu juga dibatasi, jangan sampai kelebihan muatan," jelasnya.

Baca Juga: Moment Lebaran Cita Citata Masih Hangat Dikenang, Potretnya Nampak Cantik dengan Pakaian Senada Satu Keluarga

Mantan Ketua Umum PSSI itu meminta aparat mengusut lebih jauh insiden tersebut. Indikasi adanya "human error" harus dipastikan dan siapapun itu perlu mempertanggungjawabkannya.

"Kalau dilihat dari kejadiannya, kemungkinan besar ada unsur keteledoran manusia. Kita minta bawa ke proses hukum sesuai aturan yang ada," kata dia.

Sejumlah tempat wisata dikatakan air kerap mengabaikan standar keamanan untuk pengunjung. Oleh karena itu, kata LaNyalla, ia meminta agar unsur keselamatan ini dimasukkan sebagai syarat penting dalam perizinan.

Baca Juga: Bayu Pradhana Reporter iNews Sampaikan Permintaan Maaf Melalui Instagram Storynya

"Saya sudah hubungi beberapa anggota DPD yang ada di dapilnya masing-masing. Saya minta mereka pantau dan tinjau wisata-wisata air di daerahnya. Mereka harus pastikan standar keselamatan pengunjung diterapkan dengan benar," pungkasnya.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x