Ganjar Pronowo: Implementasi Pancasila Sebagai Ideologi Bangsa Jadi Tugas Semua Elemen Masyarakat

- 1 Juni 2021, 13:49 WIB
Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo /@sahabatmasganjar/instagram/

KABAR BESUKI - Memperingati Hari Lahir Pancasila 2021, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengikuti Upacara di Semarang, Selasa 1 Juni 2021, yanh digelar secara daring dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usai mengikuti upacara mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2021 Ganjar Pranowo memaparkan bahwa pengimplementasian dan membumikan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi tugas semua elemen masyarakat di Indonesia.

"Instruksi Presiden sangat jelas dan hanya satu, membumikan Pancasila. Membumikan itu menjadi tugas kita semuanya, seluruh elemen masyarakat agar Pancasila tidak menjadi konsep yang seolah-olah tidak bisa diimplementasikan. Itu sebenarnya pasti bisa dilakukan karena Pancasila digali dari nilai-nilai yang ada," ujar Ganjar, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari Antara, Selasa, 1 Juni 2021.

Baca Juga: Pandemi Membuat Pabrik-Pabrik di Sebagian Benua Asia Alami Kelangkaan Bahan Baku

Politikus PDI Perjuangan yang kini sedang banyak dibicarakan akan masuk bursa Capres 2024 itu menjelaskan bahwa implementasi Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hal tersebutbisa dilakukan dengan tindakan-tindakan nyata misalnya terkait implementasi Sila Pertama Ketuhanan Yang Maha Esa bisa dilakukan dengan saling menghormati antaragama.

Begitu juga dengan Sila Kedua Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, dapat diwujudkan dengan saling membantu yang memerlukan.

"Yuk kita saling menghormati antaragama, jangan saling meniadakan, kemudian kita punya rasa, tenggang rasa, maka kemudian saling membantu apalagi dalam kondisi COVID-19 seperti ini, bantulah yang ada di sekitarnya. Itu contoh saja," tutur Ganjar yang didampingi Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen.

Baca Juga: Kabar Baik, Pengenaan Biaya Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link Ditunda

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA Jateng


Tags

Terkini