Penyiar Berita GTV Adjat Wiratma Ajak Masyarakat Refleksi Hari Lahir Pancasila: Mari Bertanya pada Diri Kita

- 2 Juni 2021, 06:00 WIB
Penyiar Berita GTV Adjat Wiratma Ajak Masyarakat Refleksi Hari Lahir Pancasila: Mari Bertanya pada Diri Kita
Penyiar Berita GTV Adjat Wiratma Ajak Masyarakat Refleksi Hari Lahir Pancasila: Mari Bertanya pada Diri Kita /Adjat Wiratma/Tangkap Layar Facebook.com/adjat.wiratma

KABAR BESUKI - Penyiar berita GTV Adjat Wiratma mengajak kepada masyarakat untuk melakukan refleksi terhadap Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada bulan Juni ini.

Melalui akun Facebook pribadinya, Adjat menceritakan tentang pejabat publik di Malaysia yang rela tidak menerima gaji selama beberapa bulan hanya demi mempercepat penanganan COVID-19 di negaranya, meski tidak menganut Pancasila sebagai dasar negara mereka.

"Menteri dan Wamen di Malaysia kabarnya tidak digaji 3 bulan kedepan untuk bantu biaya penanganan covid-19. Mungkin saja jumlahnya tidak signifikan tapi contoh baik bagi pihak lain, itu adalah bentuk empati. Malaysia tidak mengenal Pancasila," kata Adjat Wiratma sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari akun Facebook Kang Adjat Wiratma.

Baca Juga: Uya Kuya Hipnotis Wapres Ma'ruf Amin, Beliau Bekerja dari Balik Layar 'Bismillah Kursi DPR' [Cek Fakta]

Dia mencoba untuk membandingkannya dengan Indonesia yang menganut Pancasila sebagai dasar negara.

Menurutnya, salah satu nilai persatuan yang terkandung dalam salah satu sila di Pancasila adalah adanya rasa empati dari setiap warga negara. Hal ini sesuai dengan tema Hari Lahir Pancasila tahun 2021 yang berbunyi "Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh".

"Bagaimana dengan Indonesia, dengan Pancasila sebagai landasan hidup berbangsa dan bernegara, yang artinya landasan bagi para penyelelenggara negara dalam bernegara? Salah satu nilai persatuan dalam Pancasila itu adalah adanya empati. Dan kata bersatu menjadi tema Harlah Pancasila tahun ini," ujarnya.

Baca Juga: 3 Zodiak yang Akan Mengalami Minggu Terberat, di Tanggal 31 Mei Sampai 6 Juni 2021

Adjat Wiratma yang juga kerap menyapa pemirsa melalui program Good Morning Indonesia di kanal televisi berita MNC News ini juga mengajak kepada masyarakat untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: Facebook Kang Adjat Wiratma


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah