Indonesia Menjadi Negara yang Paling Dermawan di Posisi Pertama Se-Dunia! Patut Bangga dengan NKRI

- 1 Juli 2021, 12:00 WIB
ilustrasi bendera negara Indonesia
ilustrasi bendera negara Indonesia /andreas_danang_a/pixabay : andreas_danang_a-15216408

KABAR BESUKI - Tidak banyak yang mengetahui bahkan mungkin tak disangka, meski tengah berada di masa perekonomian yang suram akibat pandemi Covid-19, Indonesia ternyata menjadi negara paling dermawan di dunia.

Kabar ini datang dari laporan World Giving Index (WGI) yang diterbitkan Senin 14 Juni 2021 oleh Charity Aid Foundation (CAF), di mana lembaga tersebut menempatkan Indonesia di peringkat pertama negara paling dermawan.

Sebagai informasi, WGI merupakan laporan tahunan yang diterbitkan oleh CAF melalui data yang dikumpulkan oleh Gallup dan mengklasifikasikan lebih dari 140 negara di dunia.

Baca Juga: Gus Nadir Buka Suara Soal Dokumen Rahasia PPKM yang Bocor: Heboh Lagi, Harus Lebih Profesional Jangan Amatiran

Indonesia menempati urutan pertama 2 dari 3 kategori atau indikator yang menjadi tolak ukur WGI yaitu donasi kepada orang asing/asing, donasi uang dan kegiatan volunteering/volunteer.

Dilansir Kabar Besuki dari Instagram GNFI, Hasil penelitian CAF menunjukkan bahwa lebih dari 8 dari 10 orang Indonesia telah berdonasi tahun ini. Sementara itu, tingkat kerelawanan di Indonesia tiga kali lipat rata-rata dunia.

Direktur Filatropi Indonesia Hamid Abidin menilai keberhasilan Indonesia meraih predikat negara Maha Memberi didukung oleh beberapa faktor, seperti kuatnya pengaruh ajaran agama dan tradisi lokal terkait dengan berdonasi dan membantu sesama di Indonesia.

Baca Juga: Masyarakat Dihimbau Menggunakan Masker Ganda oleh Kemenkes, Apa Tujuannya?

Kemudian, juga didukung oleh keadaan perekonomian Indonesia yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan negara-negara lain secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Instagram @gnfi


Tags

Terkini

x