Saola Hewan yang Dijuluki 'Unicorn Asia' yang Terancam Punah, Mirip Seperti Antelop

- 18 Juli 2021, 14:09 WIB
Saola Hewan yang Dijuluki 'Unicorn Asia' yang Terancam Punah, Mirip Seperti Antelop
Saola Hewan yang Dijuluki 'Unicorn Asia' yang Terancam Punah, Mirip Seperti Antelop /@greenbeebuzzz/Instagram

KABAR BESUKI - Saola merupakan hewan yang masih berkerabat dengan sapi, hewan ini mendapat julukan 'Unicorn Asia'. 

Hewan tersebut baru ditemukan pada tahun 1992, hewan ini hidup dilereng pegunungan Annam di perbatasan antara Negara Laos dan Vietnam.
 
Sekilas dilihat hewan ini mirip dengan antelop, saola sekarang berada diambang kepunahan karena keindahan bentuk dari kepalanya sering dijadikan sebagai hiasan rumah.
 
 
Saola (Pseudoryx nghetinhensis) secara tak sengaja ditemukan pada 1992 dalam survei gabungan yang dilakukan oleh Kementerian Kehutanan Vietnam dan World Wildlife Fund, seperti dilansir Kabar Besuki dari laman YouTube List of Animals.
 
Kala itu, mereka tengah memetakan cagar alam Vu Quang di Vietnam dan menemukan tengkorak hewan di salah satu rumah pemburu. 
 
Dalam sekali pandang, tim survei segera tahu bahwa tengkorak tersebut lain dari yang lain. Penemuan ini menjadi penemuan mamalia besar pertama sejak 1940.
 
Supaya saola tidak punah, pemerintah setempat dan organisasi peduli lingkungan (WWF) melakukan pelestarian (konservasi). Konservasi itu dilakukan di provinsi Quang Nam, Vietnam. 
 
 
Dengan adanya pelestarian ini, semoga populasi saola dapat bertambah dan tidak menjadi hewan langka.
 
Saola termasuk hewan berbulu tebal. Warna bulunya, ada yang coklat, coklat kemerah-merahan, hingga hitam. Nah, kalau ekornya sapi panjang, ekor saola pendek dan berbulu lebat.
 
Saola adalah hewan diurnal. Ia aktif di siang hari dan beristirahat ketika matahari tenggelam. Tumbuh-tumbuhan, rerumputan, dan dedaunan adalah makanan hewan mamalia ini. Saola adalah hewan herbivora. 
 
Biasanya, saola di Vietnam akan berkembang biak antara Februari sampai Maret. 
 
 
Para ahli menyatakan bahwa hewan ini sekarang keberadaannya hanya beberapa puluh ekor saja dan akan diperkirakan akan punah jika tidak ada penanganan khusus untuk mengembangbiakkan hewan ini.
 
Berat saola dewasa bias mencapai 100 kg dengan tinggi sekitar 85 cm. Sekilas hewan saola ini terlihat mirip dengan kambing. Mamalia ini memiliki ekor kecil dan telinga panjang.
 
Ciri-ciri hewan saola adalah tanduk panjang yang tak biasa dan dengan pola strip atau garis putih yang terdapat pada mukanya, saola merupakan symbol keanekaragaman hayati di Laos dan Vietnam.
 
Saola diperkirakan tinggal di hutan pegunungan selama musim hujan dan pindah ke dataran rendah di musim dingin.
 
 
Penduduk desa setempat telah melaporkan bahwa saola menjelajahi tanaman berdaun, daun ara, dan batang di sepanjang sungai dan jalur hewan, anak sapi yang ditangkap pada tahun 1994 memakan Homalomena aromatica, ramuan dengan daun berbentuk hati.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: YouTube List of Animals


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x