Alasan Mengapa Indonesia Selalu Penting Bagi Amerika Serikat, Pengamat Militer: Karena Posisi Kita

- 6 Agustus 2021, 19:00 WIB
Alasan Mengapa Indonesia Selalu Penting Bagi Amerika Serikat, Pengamat Militer: Karena Posisi Kita (foto ilustrasi)
Alasan Mengapa Indonesia Selalu Penting Bagi Amerika Serikat, Pengamat Militer: Karena Posisi Kita (foto ilustrasi) /Tangkapan Layar Instagram.com/@teropong.militer

KABAR BESUKI – Sosok pengamat militer, Andi Wijayanto, mengungkap alasan mengapa Indonesia selalu penting bagi Amerika Serikat.

Tentara Indonesia dan pasukan Angkatan Darat AS menggelar latihan militer gabungan terbesar dalam sejarah Indonesia dan akan digelar pada 1 hingga 14 Agustus 2021.

Di satu sisi, publik pasti bertanya-tanya apakah ada misi tersembunyi di balik Amerika Serikat untuk mengundang militer Indonesia melakukan latihan bersama.

Dalam hal ini, pengamat militer Andi Wijayanto punya pendapat sendiri.

Baca Juga: Indonesia Sudah Darurat Militer Hadapi Covid-19, Menko PMK: Yang Meninggal Sudah Banyak

Menurut dia, agenda latihan dengan jumlah peserta terbanyak yang pernah dilakukan itu seharusnya menjadi sinyal serius bagi negara-negara di kawasan tentang kerja sama militer yang erat antara Indonesia dengan Amerika Serikat.

Di satu sisi, latihan militer ini dianggap paling penting dalam sejarah tentara Indonesia. Karena melibatkan 6.000 tentara.

Amerika Serikat melibatkan Korps Pertama, sedangkan Indonesia melibatkan Angkatan Darat Indonesia dengan total 2.700 orang.

“Indonesia selalu penting buat AS, terutama karena posisi kita yang memang akan menjadi titik penting dari gerak logistik AS jika ada medan konflik utama di Asia Timur. AS sadar betul politik luar negeri kita bebas aktif, yang artinya tak akan bisa berkoalisi sepenuhnya dengan AS. Karena kita selalu memainkan pendulum untuk bergerak ke AS atau China, tergantung kepentingan prioritas kita,” tutur Andi Wijayanto, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari YouTube TVOneNews.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: YouTube TVOneNews


Tags

Terkini

x