Presiden Jokowi Kembali Disebut Buat Kerumunan, Refly Harun: Di Sisi Lain Habib Rizieq Justru Dipenjarakan

- 1 September 2021, 07:43 WIB
Presiden Jokowi Kembali Disebut Buat Kerumunan, Refly Harun: Di Sisi Lain Habib Rizieq Justru Dipenjarakan
Presiden Jokowi Kembali Disebut Buat Kerumunan, Refly Harun: Di Sisi Lain Habib Rizieq Justru Dipenjarakan /Refly Harun/Tangkap Layar YouTube.com/Refly Harun

KABAR BESUKI - Presiden Jokowi lagi-lagi kembali disebut membuat kerumunan ketika terjun membagi-bagikan sembako di wilayah Cirebon, Jawa Barat.

Pakar hukum tata negara Refly Harun melihat ironi ketika Habib Rizieq dipenjarakan karena buat kerumunan namun tidak untuk Presiden Jokowi.

Refly Harun melihat adanya sebuah ironi ketika Habib Rizieq yang tidak bermaksud untuk membuat kerumunan karena kepulangannya dari Arab Saudi bahkan hingga dinilai sebagai sebuah tindakan kejahatan oleh jaksa yang bertugas dalam proses peradilan.

"Lagi-lagi Presiden Jokowi membuat kerumunan atau menjadi pangkal tolak dari terciptanya kerumunan, tapi ya namanya presiden tidak diapa-apakan ya. Padahal kita tahu ya bahwa di sisi lain Habib Rizieq justru dipenjarakan, dipidanakan, dianggap melakukan tindakan yang melanggar hukum, bahkan jaksa mengatakan itu adalah kejahatan," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Rabu, 1 September 2021.

Baca Juga: Lieus Sungkharisma Minta Habib Rizieq Dibebaskan, Ferdinand: Asal Ngoceh yang Penting Terlihat Kritis

Refly Harun mempertanyakan alasan Habib Rizieq dijatuhi hukuman yang terbilang berat untuk sebuah kasus kerumunan yang tidak dikehendaki.

Sebab menurut dia, Undang-undang Kekarantinaan Kesehatan tak mengkategorikan tindakan Habib Rizieq sebagai sebuah kejahatan dan hanya merupakan pelanggaran protokol kesehatan semata.

"Walaupun undang-undang tidak mengkategorikan sebagai sebuah kejahatan tetapi pelanggaran protokol kesehatan, tetapi Habib Rizieq diproses sampai kemudian dihukum untuk kasus kerumunan Petamburan dia sudah menjalani hukuman selama delapan bulan dan sudah tunai," ujarnya.

Baca Juga: Husin Shihab Sebut Pendukung Habib Rizieq Pantas Ditembak Mati Karena Kelakuannya: Jadi Gak Salah

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkini

x