Rocky Gerung Ungkap Fakta di Balik Kebocoran Data Penting Negara: Nggak Ada Semacam Tertib dalam Pemerintah

- 4 September 2021, 08:57 WIB
Rocky Gerung Ungkap Fakta di Balik Kebocoran Data Penting Negara: Nggak Ada Semacam Tertib dalam Pemerintah
Rocky Gerung Ungkap Fakta di Balik Kebocoran Data Penting Negara: Nggak Ada Semacam Tertib dalam Pemerintah /Rocky Gerung/Tangkap Layar YouTube.com/Rocky Gerung Official

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung ungkap fakta di balik kebocoran data penting negara yang merupakan hal krusial.

Rocky Gerung mengatakan bahwa kebocoran data penting negara memungkinkan oligarki dapat mengatur negara dari jarak jauh, termasuk dengan mengendalikan sistem hukum di Indonesia.

"Kita tahu bahwa Indonesia itu diintai oleh sebuah survei intelijen tuh. Kan isu bahwa Pegasus masuk ke Indonesia, isu bahwa seluruh data sebetulnya itu tidak bisa dikunci secara lengkap dalam sistem proteksi apapun, dan memungkinkan oligarki mengatur-ngatur (regulasi) secara remote. Bahkan draft undang-undang itu bisa bocor, yang tinggal satu menit mau disahkan diubah sedikit," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Sabtu, 4 September 2021.

Baca Juga: Data Pribadi Presiden Jokowi Bocor, Rocky Gerung: Sistem Perdataan Kita Memang Kacau Balau

Menurut Rocky Gerung, sejauh ini pemerintah tak memberikan aturan yang tegas atau memiliki tertib prosedur dalam pengamanan data penting negara.

Menurutnya, pemerintah terkesan mengobral data karena menganggap warga negara tak punya hak untuk menyembunyikan identitasnya kepada negara.

"Jadi memang nggak ada semacam tertib di dalam pemerintah untuk mengamankan data tuh. Hal yang paling penting di kita adalah kemampuan untuk merahasiakan data kan? Tapi datanya diobral, kan pemerintah menganggap 'Ya, warga negara gak punya hak untuk menyembunyikan identitasnya'. Demikian juga hacker menganggap 'Oke kalau begitu, begitu hak warga negara itu diretas maka itu secara intelijen memungkinkan di atasnya juga diretas'," ujarnya.

Baca Juga: NIK Presiden Jokowi Bocor, Menkes Tutup Data Para Pejabat Lainnya

Rocky Gerung mengatakan, kebocoran data penting negara merupakan persoalan yang sangat serius dan harus menjadi perhatian penting oleh pemerintah.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x