Virus Covid-19 Varian Baru 'Mu' Dipastikan Belum Masuk ke Indonesia

- 7 September 2021, 11:29 WIB
Ilustrasi vVirus Covid-19 Varian Baru 'Mu' Dipastikan Belum Masuk ke Indonesia
Ilustrasi vVirus Covid-19 Varian Baru 'Mu' Dipastikan Belum Masuk ke Indonesia /Pixabay/fernandozhiminaicela

KABAR BESUKI - Kembali ramai menjadi perbincangan, setelah kasus Covid-19 varian Delta yang mematikan dan membuat banyak orang meninggal.

Kini virus Covid-19 kembali bermutasi kembali menjadi varian Mu, dan mulai menyerang dunia. namun Indonesia sudah memastikan bahwa hingga saat ini virus Mu masih belum masuk ke Indonesia.

Hal ini sudah dikatakan oleh Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono Harbuwono. "Kita sudah melakukan genom sekuencing terhadap 7.000-an orang di seluruh Indonesia dan belum terdeteksi adanya varian Mu," ujar Dante.

Baca Juga: Rocky Gerung Minta Pemerintah Transparan Jelaskan Alasan PPKM: Kita Nggak Bisa Dijadikan 'Kambing Congek'

Kemenkes sudah melakukan genom sekuencing terhadap kurang lebih 7000 orang di seluruh Indonesia, dan masih belum ada tanda-tanda terdeteksinya varian Mu.

"Tapi, itu dalam konteks laboratorium, tidak dalam konteks epidemiologis," ujarnya.

"Varian Delta baru saja kita alami, sekarang sudah ada varian Mu. Mudah-mudahan ini akan abortif, seperti juga varian Lambda beberapa waktu yang lalu di Peru," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Wanti-wanti Para Menteri Soal Masuknya Virus Varian Mu ke Indonesia

Dante juga berharap semoga virus Mu ini seperti varian Lambda beberapa waktu yang lalu. Cepat untuk ditangani dan tidak terlalu mematikan.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkait

Terkini

x