7 Dosa yang Wajib Dihindari Agar Pahalamu Besok Tidak Berkurang di Akhirat Nanti

- 5 Oktober 2021, 19:17 WIB
7 Dosa yang Wajib Dihindari Agar Pahalamu Besok Tidak Berkurang di Akhirat Nanti
7 Dosa yang Wajib Dihindari Agar Pahalamu Besok Tidak Berkurang di Akhirat Nanti //Arina Krasnikova/Free-photos/Pexels

KABAR BESUKI - Manusia merupakan makhluk ciptaan tuhan, tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna dan tidak mempunyai salah.
 
Semua manusia pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa yang membuat mereka merasa menyesal dan memohon pengampunan.
 
Dosa-dosa yang dibuat oleh manusia akan dipertanggung jawabkan besok pada hari kiamat.
 
 
Namun, akankah dosa kita berpengaruh ketika di hari penantian akhir besok.
 
Berikut ini dosa-dosa yang harus dihindari agar pahalamu besok tidak berkurang di akhirat nanti, seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @syekh.jalal.
 
1. Dengki
 
Dengki merupakan perilaku yang tidak senang melihat orang lain bahagia, selalu iri dengan kehidupan orang lain yang lebih bahagia.
 
2. Pelihara Anjing
 
"Siapa yang memelihara anjing, kecuali anjing yang digunakan untuk menjaga hewan ternak, berburu dan menjaga tanaman, maka akan dikurangi setiap harinya sebanyak satu qirath," (HR. Muslim).
 
 
3. Mengungkit Kebaikan
 
Mengungkit kebaikan yang sudah diberikan kepada orang lain merupakan perilaku yang tidak baik, tidak ikhlas memberi dan selalu ingat kebaikan yang pernah dilakukan.
 
4. Meninggalkan Shalat Ashar
 
"Siapa yang meninggalkan shalat ashar dengan sengaja maka gugurlah amalannya," (HR. Ahmad).
 
5. Musyrik 
 
Allah berfirman: "Seandainya mereka mempersatukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan," (QS. Al-An'am).
 
 
6. Ghibah
 
Orang yang sedang mengghibah orang lain, maka pahala kamu akan ditransfer ke orangnya di ghibahi, jika pahalamu habis maka dosanya dia akan ditimpakan ke kamu.
 
7. Bermaksiat di Kala Sepi
 
"Seluruh umatku diampuni kecuali al-mujaahirun (orang yang melakukan al-mujaaharah). Dan termasuk bentuk al-mujaaharah adalah orang-orang yang melakukan dosa pada malam hari, kemudian di pagi hari Allah telah menutupi dosanya namun dia berkata, "Wahai fulan semalam aku telah melakukan dosa ini dan itu." Allah telah menutupi dosanya di malam hari, akan tetapi di pagi hari dia membuka kembali dosa yang telah ditutup oleh Allah tersebut," (HR. Bukhari dan Muslim).***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @syekh.jalal


Tags

Terkait

Terkini

x