Ignasius Jonan Bongkar Borok Proyek Kereta Cepat, Refly Harun: Dimakan Mati Ibu, Tidak Dimakan Mati Bapak

- 2 November 2021, 08:00 WIB
Ignasius Jonan Bongkar Borok Proyek Kereta Cepat, Refly Harun: Dimakan Mati Ibu, Tidak Dimakan Mati Bapak
Ignasius Jonan Bongkar Borok Proyek Kereta Cepat, Refly Harun: Dimakan Mati Ibu, Tidak Dimakan Mati Bapak /Ilustrasi/Rudy and Peter Skitterians/PIXABAY/Skitterphoto

KABAR BESUKI - Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan membongkar borok proyek kereta cepat dan menuai tanggapan pakar hukum tata negara Refly Harun.

Refly Harun mengaku tertawa (dengan nada satire) ketika menyimak penjelasan Ignasius Jonan terkait pernyataannya yang membongkar borok proyek kereta cepat.

Refly Harun menemukan adanya keanehan ketika proyek kereta cepat yang diklaim sebagai business to business antara Indonesia dan China justru dibuatkan Perpres untuk mengaturnya.

"Saya termasuk yang ketawa saja, dibilang business to business tapi ada Perpres-nya, dan Perpres itu menunjuk empat BUMN dengan porsi saham yang sudah ditentukan," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Senin, 1 November 2021.

Baca Juga: Arya Sinulingga Beberkan Alasan Indonesia Gandeng China Terkait Kereta Cepat: Dia Ikut dalam Bisnis Tersebut

Refly Harun membenarkan bahwa pemerintah telah menunjuk empat BUMN sebagai pelaksana proyek kereta cepat sekaligus pemegang saham PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

Dia mengatakan, setiap BUMN yang ditunjuk memiliki job desc masing-masing sesuai dengan investment agreement dan Pepres yang ditetapkan.

"Jadi yang ditunjuk adalah PT KAI karena terkait dengan kereta api, WIKA karena dia yang akan jadi kontraktornya, PTPN VIII karena diharapkan akan memberikan tanah Walini untuk transit oriented development (TOD), dan Jasa Marga karena ruas tolnya yang tadinya bisa untuk iklan dipakai," ujarnya.

Baca Juga: Proyek Kereta Cepat Kini Sedot Dana APBN, Fadli Zon: Ini Sebuah Skandal, harus Ada Investigasi Serius

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

PRMN TERKINI

x