Fakta-fakta Menarik dalam Pembuatan Sirkuit Mandalika di Lombok Bahkan Namanya Diambil dari Legenda Setempat

- 14 November 2021, 19:00 WIB
Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok
Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok /@sirkuitmandalikalombok_/Instagram/

KABAR BESUKI - Pertamina Mandalika International Street Circuit merupakan sirkut balap berstandar internasional yang berada di Indoneisa.
 
Sirkut Mandalika tepatnya berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pada kalender MotoGp 2022, Sirkuit Mandalika akan dijadikan sebagai lintasan dalam ajang balap internasional tersebut.
 
Pembangunan Sirkuit Mandalika sendiri dimulai pada akhir tahun 2019 hingga saat ini. Namun pembangunan tersebut belum 100 persen selesai.
 
 
Masih ada sebagian yang harus diselesaikan, akan tetapi pada waktu penyelenggaraan MotoGp 2022 Sirkut Mandalika akan siap dipakai oleh Marc Marquez beserta kawan-kawan dalam ajang bergengsi tersebut.
 
Namun, ternyata ada fakta unik dalam pembangunan Sirkuit Mandalika yang ditaksir mencapai lebih dari Rp1 triliun tersebut.
 
Beberapa diantara kalian mungkin sudah tahu, ataukah belum mengetahuinya sama sekali?
 
Seperti dilansir Kabar Besuki dari Instagram @sirkuitmandalikalombok_, berikut ini fakta-fakta menarik tentang Sirkuit Mandalika tersebut.
 
 
1. Nama Diambil dari Legenda Setempat
 
Nama Mandalika yang dipakai sebagai nama sirkuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat tersebut diambil dari cerita rakya yang sangat terkenal di Lombok.
 
Cerita tentang putri berparas cantik jelita bernama Putri Mandalika ini menjadi asal-usul tradisi bau nyale yang masih dijalankan warga masyarakat di NTB hingga saat ini.
 
2. Memiliki 17 Tikungan dan 40 Garasi
 
Sirkuit Mandalika mempunyai bentang jalan balap sepanjang 4,31 Kilometer atau lebih dari 4300 meter. 
 
Tak hanya itu, Sirkuit yang sudah bertaraf internasional tersebut mempunyai 17 tikungan, dengan 11 mengarah ke kanan dan 6 mengarah ke kiri.
 
 
Sirkuit Mandalika juga mempunyai 40 garasi atau paddock yang siap dipakai untuk menyimpan segala kelengkapan balapan.
 
3. Aspal Didatangkan dari Inggris
 
PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) secara khusus mendatangkan aspal dari Inggris untuk membuat lapisan paling atas trek di Sirkuit Mandalika.
 
Beberapa keunggulan aspal yang biasa dikenal dengan stone mastic asphalt ini cepat kering ketika kondisi basah, permukaan lebih kasar dan dapat menahan kecepatan 360 km/jam.
 
4. Berkapasitas 195 Ribu Penonton
 
Sirkuit Mandalika dapat menampung hingga 195 ribu orang penonton dalam kondisi normal atau tidak dalam keadaan pandemi seperti sekarang ini.
 
 
5. Dikelilingi Deretan Bukit dan Pantai
 
Sebagai kawasan ekonomi khusus, Mandalika mempunyai kelebihan lain. Selain dapat menikmati ajang balap internasional, penonton juga dapat menikmati keindahan di sekitar sirkuit.
 
Keindahan tersebut berasal dari Bukit Merese, Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger dan lain sebagainya.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Instagram @sirkuitmandalikalombok_


Tags

Terkait

Terkini

x