Vaksinasi Meningkat, Luhut Sebut Penerapan PPKM Level 3 di Seluruh Wilayah Indonesia Saat Libur Nataru Batal

- 7 Desember 2021, 12:52 WIB
luhut sebut penerapan ppkm level 3 saat libur nataru batal
luhut sebut penerapan ppkm level 3 saat libur nataru batal /Instagram/@luhut.panjaitan

KABAR BESUKI – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memutuskan untuk tidak akan menerapkan PPKM Level 3 para periode libur Natal dan Tahun Baru secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

Luhut menyampaikan bahwa akan ada revisi pada instruksi Mendagri (Inmendagri) Natal dan Tahun baru maupun aturan terkait lainnya.

Meski begitu, Luhut mengungkap bahwa penerapan PPKM selama Nataru akan tetap mengikuti asesmen pandemi Covid-19 sesuai yang berlaku saat ini tetapi dengan sejumlah pengetatan.

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Kader PDIP Jadi Dirut PLN, Rocky Gerung: Kelihatannya Lagi Membangun Tim Sukses

“Syarat perjalanan akan tetap diperketat, terutama di perbatasan untuk penumpang dari luar negeri, namun kebijakan PPKM di masa Nataru akan dibuat lebih seimbang dengan disertai aktivitas testing dan tracing yang tetap digencarkan,” kata Luhut seperti dikutip Kabar Besuki dari laman resmi maritime.go.id.

Luhut juga memastikan bahwa perbatasan Indonesia akan tetap diperketat dengan syarat untuk penumpang dari luar negeri adalah hasil tes PCR negative maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan serta melakukan karantikan selama 10 hari.

Keputusan tersebut juga diambil berdasarkan pertimbangan beberapa hal, diantaranya mengenai capaian vaksinasi.

Luhut mengatakan bahwa pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan yang lebih seimbang dengan tidak menyamaratakan perlakukan di semua wilayah saat libur Nataru.

Hal ini karena penguatan 3T (testing, tracing dan treatment) serta capaian vaksinasi dalam satu bulan terakhir.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: maritime.go.id


Tags

Terkait

Terkini

x