Dua Orang Tanpa Gejala Terkonfirmasi Positif Covid-19 diBlitar

- 25 April 2020, 01:12 WIB
Ilustrasi Corona (pixabay)
Ilustrasi Corona (pixabay) /

KABAR BESUKI - Dua orang tanpa gejala, dinyatakan terkonfirmasi positif corona atau Covid-19. Gejala itu ditemukan di Kabupaten Blitar. Untuk itu, disarankan warga setempat lebih waspada.

Kasus positif Corona tanpa gejala yang pertama ditemukan di Blitar.

Sukolilo, Surabaya. Dan satu wanita berusia 30 tahun, petugas kesehatan di Desa Plandirejo, Kecamatan Bakung.

Dirut RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Endah Woro Utami menjelaskan, suami istri inilah yang terkonfirmasi positif namun tanpa gejala. Pasien positif ini pria berusia 42 tahun, petugas dari Kemenag Kabupaten Blitar, menularkan virus Corona kepada istrinya yang berusia 41 tahun.

Hasil awal rapid test mereka negatif. Namun keduanya di test swab, setelah dokter Puskesmas Wates yang punya kontak erat dengan keduanya dinyatakan positif, dan saat ini sudah sembuh.

Jika sesuai protokol panduan, test swab baru dilakukan jika hasil rapid test positif. Namun tim medis punya keyakinan, jika kedunya harus di test swab karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya.

Rapid test, lanjut dia, hanyalah skrining awal. Biasanya muncul pada hari ke tujuh. Ketika rapid test negatif, menunjukkan imunnya tidak terbentuk. Namun hasil test swab yang menunjukkan positif, menandakan bahwa ada kuman Corona di tenggorokannya.

“Kalau rapid test negatif, itu imun atau antibodinya tidak ada. Tapi swab testnya positif. Itu berarti ada kuman Corona di tenggorokannya,” tegasnya.

Karena hasil test swab baru diterima rumah sakit siang ini, maka pihak rumah sakit malam ini juga akan menjemput warga Wates yang terkonfirmasi positif Corona untuk dites secara lengkap. Termasuk rotgen paru-parunya.

“Karena kami perlu dalami lagi. Apakah yang bersangkutan benar-benar tidak mengeluhkan gejala klinis. Jangan-jangan dia takut pada rumah sakit. Atau tidak jujur kepada tim medis,” pungkasnya. ***

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini