Cluster Baru Covid Pabrik Sampoerna Masih Didalami Gugus Tugas Jatim

- 30 April 2020, 11:59 WIB
ILUSTRASI virus corona.*
ILUSTRASI virus corona.* /PIXABAY/

KABAR BESUKI - PSBB Surabaya Raya. Pada hari, Rabu 29 April 2020. Tim tracing satgas percepatan penanganan covid-19 Jatim berhasil menemukan cluster baru sebaran virus corona di Kota Surabaya dengan jumlah yang cukup banyak.

Ketua gugus kuratif Satgas Covid-19 Jatim, dr Joni Wahyuhadi menyatakan temuan cluster baru pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di Pabrik Sampoerna Rungkut Surabaya.

Gugus Tugas Jatim, sudah mendapat penjelasan managemen perusahaan, membenarkan ada dua karyawannya positif covid-19. Sudah dirawat di rumah sakit namun keduanya meninggal dunia.

Baca Juga: Jangan MUDIK ! Kapolres Probolinggo Pantau Pos Ketupat Semeru 2020

Selain mendatangani perusahaan, pihaknya juga sudah melakukan tracing. Hasilnya, terdapat 9 orang PDP yang sudah dirujuk ke rumah sakit dan sisanya sebanyak 163 orang sudah dilakukan Swab PCR tinggal menunggu hasil dalam 1-2 hari ini akan keluar.

Test Swab akan dilakukan di RSUD dr Soetomo Surabaya. Kebanyakan karyawan yang hasil apid testnya reaktif (positif) itu kondisi tubuhnya sehat sehingga tidak tampak gejala seperti demam maupun batuk.

“Satu komplek perusahaan itu menampung sekitar 500 karyawan, sekarang komplek itu sudah ditutup dan diliburkan karyawannya. Kemudian yang mereka yang dekat dengan karyawan yang sudah positif besok akan dilakukan test PCR / Swab,” terang Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya ini.

Selain karyawan PT Sampoerna, Tim Hunter Polda Jatim yang berjaga di cek point Bundaran Waru selama PSBB juga berhasil mengamankan satu orang asal Jember yang hendak pergi ke Madura karena memiliki surat keterangan kesehatan dari rumah sakit bahwa dia sedang mengalami batuk dan pilek.

“Orang tersebut kami rujuk ke RS Bhayangkara supaya dilakukan penanganan sesuai dengan protokol kesehatan,” ujar Kombes Pol Truno Kabid Humas Polda Jatim di tempat yang sama.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

x