ASDP Ketapang Matikan Tiket Online, Warga Jawa di Bali Tak Mudik

- 2 Mei 2020, 05:12 WIB
Illustrasi Tiket Online Luxair.lu
Illustrasi Tiket Online Luxair.lu /

KABAR BESUKI - Diperkirakan ribuan warga dengan identitas Jawa yang berkerja di Bali dan Lombok tidak bisa pulang kampung. Sejak pihak ASDP menghentikan penjualan tiket online untuk tujuan penyebrangan dari Bali ke Jawa.

PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Banyuwangi mulai hari ini tidak melayani penyeberangan bagi penumpang pejalan kaki, sepeda motor, kendaraan roda empat dan kendaraan angkutan penumpang seperti minibus dan bis.

Penghentian pelayanan penyebrangan ini untuk membatasi penularan COVID-19. Sementara untuk kendaraan logistik masih diperbolehkan menyeberang ke Bali.

Pemberlakukan penghentian pelayanan penyeberangan ini berlaku sejak pukul 00.00 WIB, Jumat dinihari (1/5/2020).

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Fahmi Alweni kepada wartawan, membenarkan informasi itu. Pemberlakukan sejak 00.00 WIB. Otoritas pelabuhan penyebrangan kapal laut di Selat Bali tidak lagi melayani lagi.

” Mereka yang menggunakan mobil pribadi, motor dan pejalan kaki tidak boleh menyeberang. Pun juga bagi minibus dan bis yang membawa pemudik juga tidak kami layani,” ujar Fahmi Alweni, Jumat (1/5/2020).

Dasar dari penghentian pelayanan ini, kata Fahmi, menyusul turunnya Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 25 Tahun 2020; Surat Bupati Banyuwangi Nomor: 500/2378/429.108/2020 tanggal 30 April 2020 perihal Pengoperasian Angkutan Penyeberangan Ketapang – Gilimanuk.

Dan Surat Gubernur Bali Nomor: 551/3222/Dishub tanggal 30 April 2020 perihal Pengendalian Pintu Masuk Bali Melalui Pelabuhan Penyeberangan.

“Kami selaku operator mematuhi aturan pemerintah pusat,” tegasnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x