Perkembangan Pasien Balita Covid-19 Diharap Hasil Swab Ketiga Negatif

- 6 Mei 2020, 06:18 WIB
Evaluasi harian Gugus Tugas Covid -19 di Kabupaten Probolinggo.(foto.Akbar)
Evaluasi harian Gugus Tugas Covid -19 di Kabupaten Probolinggo.(foto.Akbar) /

KABAR BESUKI -  Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Probolinggo di tengah meningkatnya jumlah pasien Positip, berharap ada pasien positip yang dinyatakan sembuh. Seorang balita umur 1,5 tahun asal Desa Tamansari, Kecamatan Dringu tinggal selangkah lagi bisa dirujuk pulang.

Bagiamana kondisi terbaru penanganan pasien Positip Covid -19 di Kabupaten Probolinggo berikut perkembanganya.

Juru Bicara Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengatakan sebenarnya balita usia 1,5 tahun dari Desa Tamansari Kecamatan Dringu yang dirawat di RSUD Tongas sudah sehat.

Dia sudah di swab. Swab pertama positif, swab kedua negatif dan dia sedang menunggu hasil swab yang ketiga. Sesuai protokol, pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh apabila hasil swab dua kali negatif,ungkapnya.

” Pasien akan kami pulangkan manakala sudah lulus uji swab sebanyak 3 kali. Nah soal bayi itu tinggal sekali lagi jika negatif maka bisa kami pulangkan”, ungkap dr Anang dalam rilisnya.

Dari 21 pasien yang kini dalam pengawasan tim medis 17 orang diantaranya sudah dilakukan swab ulang. Hasilnya dari 17 orang ini, ada 7 orang yang sudah ada hasilnya. Yakni, 2 orang hasilnya negatif dan 5 orang masih posisi positif.

“Yang masih positif ini masih dari klaster Sukolilo. Dan 2 orang yang negatif ini juga dari klaster Sukolilo. Sekarang kita sudah melakukan swab yang ketiga dan kita menunggu semoga minggu depan selesai”, terangnya.

Anang menjelaskan, beberapa kasus rapid reaktif yang didapatkan dari beberapa orang yang mudik di tempat karantina Desa. Ini tidak bisa dikatakan sebagai orang positif karena belum ada hasil swab.

Namun begitu Satgas Covid-19 menerapkan kewaspadaan tinggi terhadap orang reaktif untuk di karangtina. Mereka wajib menjalani uji swab sebelum pulang. Ada 42 orang menunggu hasil swab ketiga dari karangtina Desa.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah