Gubernur Jatim Optimalkan Tiga Strategi Sukseskan PSBB Malang Raya

- 18 Mei 2020, 12:19 WIB
Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawansa
Gubernur Jatim Khofifah Indra Parawansa /

KABAR BESUKI - Menjelang berlakunya pelaksanana Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di area Malang Raya yang dimulai Minggu (17/5), Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengoptimalkan tiga strategi penting sebagai bagian dari social kapital.

“Jadi, dalam pemberlakuan PSBB terdapat tiga hal penting yang harus kita optimalkan sebagai bagian dari social kapital di Malang Raya,” terang Gubernur Khofifah saat konferensi pers di Bakorwil Malang, Sabtu (16/5) malam.

Khofifah menjelaskan, strategi yang pertama yaitu keberadaan Kampung Tangguh di area Malang Raya. Dimana, Kampung Tangguh ini merupakan inisiatif yang melibatkan partisipasi warga secara aktif berbasis RW.

Baca Juga: Khofifah Minta Posko Covid-19 Sidoarjo Tiru Kampung Tangguh Malang

Dengan demikian, kampung itu memiliki kesiapsiagaan dan kemandirian yang komprehensif dalam menghadapi bencana alam maupun non alam seperti pandemi Covid-19.

“Lewat Kampung Tangguh maka gotong royong warga kampung akan bisa dimaksimalkan. Terlebih, ini wujud sinergi pentahelix antara masyarakat, pemerintah, pengusaha, media dan perguruan tinggi. Dimana, sinergi tersebut memang sudah seharusnya dilakukan,” urai Khofifah.

Strategi kedua, lanjut gubernur perempuan pertama di Jatim ini yaitu, penerapan pasar ganjil-genap pada pasar tradisional. Ini penting, untuk tetap menjaga roda perekonomian sekaligus sebagai upaya untuk menjaga kesehatan penjual dan pembeli.

“Kita harus menjaga jangan sampai pasar ini tutup, karena proses perdagangan harus tetap jalan. Namun pada saat yang sama, menjaga kesehatan harus tetap dilakukan,” tukas Khofifah.

Pelaksanaan pola ganjil genap sendiri dilakukan dengan sistem penomoran di setiap stand penjual sebagai acuan jadwal berjualan. Sehingga, setiap harinya para pedagang tersebut akan bergiliran sesuai nomor stand yang dimiliki.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini

x