Sindir Jokowi Karena Ngamuk pada Pejabat yang Doyan Impor, Rocky Gerung: Dia Nggak Ngerti Apa yang Terjadi

- 27 Maret 2022, 12:45 WIB
Sindir Jokowi Karena Ngamuk pada Pejabat yang Doyan Impor, Rocky Gerung: Dia Nggak Ngerti Apa yang Terjadi.
Sindir Jokowi Karena Ngamuk pada Pejabat yang Doyan Impor, Rocky Gerung: Dia Nggak Ngerti Apa yang Terjadi. /Instagram.com/@jokowi

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menyindir sikap Jokowi yang ngamuk terhadap sejumlah pejabat karena diduga gemar melakukan impor pengadaan barang dan jasa.

Rocky Gerung menyindir Jokowi yang ngamuk karena tidak mengerti alasan utama sejumlah pejabat gemar melakukan impor.

Rocky Gerung menilai, impor merupakan sebuah keniscayaan karena adanya komponen produksi produk dalam negeri yang tidak tersedia di Indonesia.

"Keadaan kita akhirnya orang buka lagi bahwa nggak mungkin kita nggak impor. Kita bisa bikin sesuatu di dalam negeri, tapi komponen buat bikin itu ya juga mesti impor," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Minggu, 27 Maret 2022.

Baca Juga: Jokowi Ngamuk Soal Kepala Daerah Hobi Impor, Refly Harun Puji Prestasi Belanja Produk Dalam Negeri dari Anies

Rocky Gerung juga menilai Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi seolah tak mau ambil pusing dengan 'ultimatum' Jokowi saat berpidato di Bali.

Mantan pengajar Universitas Indonesia (UI) itu menilai, Mendag Lutfi cenderung mengutamakan efektivitas dalam pengambilan keputusannya sekaligus memastikan dirinya memperoleh fee dari aktivitas impor yang dilakukan.

"Kita tahu bahwa Menteri Perdagangan merasa 'Daripada capek-capek mesti hitung keuntungan, ya mending impor aja', langsung ada comparative advantagement-nya sekaligus fee (rente) di situ tuh," ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ancam Lakukan Reshuffle Menteri yang Banyak Impor, Dirut BUMN Terancam Dicopot

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x