Bandingkan Jokowi dengan Habibie dan SBY, Rocky Gerung Puji Hasil Penelitian William Liddle

- 4 April 2022, 12:24 WIB
Bandingkan Jokowi dengan Habibie dan SBY, Rocky Gerung Puji Hasil Penelitian William Liddle.
Bandingkan Jokowi dengan Habibie dan SBY, Rocky Gerung Puji Hasil Penelitian William Liddle. /Tangkap Layar YouTube.com/Sekretariat Presiden

KABAR BESUKI - Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung membandingkan Jokowi dengan BJ Habibie dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengenai pengetahuan tentang demokrasi.

Rocky Gerung menyebut Habibie dan SBY sebagai dua tokoh besar yang memahami betul tentang demokrasi dibandingkan dengan Jokowi.

Rocky Gerung menilai, Habibie dan SBY memahami demokrasi secara utuh dan luas karena memiliki referensi bacaan yang berkualitas sehingga kedua tokoh tersebut mampu membaca berbagai peristiwa di dunia dengan sebaik mungkin.

"Jadi orang-orang ini, Pak Habibie, SBY orang-orang yang paham betul demokrasi, bacaannya bagus, dan tercerahkan karena melihat peristiwa di dunia itu dibaca dengan baik," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Senin, 4 April 2022.

Baca Juga: Rezim Jokowi Disebut Menuju Totaliter, Rocky Gerung: Dia Menyelundupkan Ambisinya dengan Membujuk Orang

Berbeda dengan Habibie dan SBY, Rocky Gerung menilai Jokowi seolah tak memiliki referensi bacaan yang memadai sehingga dianggap tak mengetahui demokrasi yang sesungguhnya.

Mantan pengajar sekaligus alumni Universitas Indonesia (UI) itu juga memuji hasil penelitian dari William Liddle yang menilai Jokowi tak memahami demokrasi secara utuh.

"Yang sekarang ini, Pak Jokowi nggak punya bacaan. Dia nggak tau apa itu demokrasi. Jadi kalau Pak Liddle akhirnya mengurus semacam itu, itu artinya Pak Liddle pun mengganggap Jokowi sebetulnya nggak paham demokrasi," ujarnya.

Baca Juga: Amien Rais Sebut Jokowi Idap Megalomania, Rocky Gerung: Dia Udah Menetap Jadi DNA dari Rezim Ini

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x