Rizal Ramli Sebut Hanya Habibie dan Gus Dur yang Benar-benar Menjalankan Reformasi, Begini Penjelasannya

- 5 April 2022, 07:24 WIB
Rizal Ramli Sebut Hanya Habibie dan Gus Dur yang Benar-benar Menjalankan Reformasi, Begini Penjelasannya.
Rizal Ramli Sebut Hanya Habibie dan Gus Dur yang Benar-benar Menjalankan Reformasi, Begini Penjelasannya. /Tangkap Layar YouTube.com/Refly Harun

KABAR BESUKI - Ekonom senior Rizal Ramli menyebut hanya Habibie dan KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang benar-benar menjalankan reformasi.

Rizal Ramli menilai, kejatuhan Soeharto yang menandai reformasi di Indonesia telah menghasilkan kepemimpinan yang jelas dan memiliki arah tujuan yang tegas.

Sepanjang reformasi, Rizal Ramli menilai hanya Habibie dan Gus Dur yang memiliki kinerja sangat berpihak kepada rakyat, menjunjung tinggi demokrasi, dan anti korupsi.

"Kejatuhan Soeharto (reformasi) menghasilkan dua kepemimpinan yang jelas, tegas arahnya, dan kinerjanya berpihak kepada rakyat di dalam demokrasi dan anti korupsi, yaitu pemerintahan Habibie dan Gus Dur," kata Rizal Ramli sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Selasa, 5 April 2022.

Baca Juga: Rizal Ramli Sebut Rezim Presiden Jokowi Lebih Buruk dari Soeharto dan Gus Dur: Kalau Jatuh Menyakitkan Sekali

Rizal Ramli juga menyayangkan, pemerintahan yang sangat demokratis di bawah kepemimpinan Habibie dan Gus Dur hanya berlangsung singkat.

Mantan Menko Kemaritiman itu mengatakan, kepemimpinan Habibie dan Gus Dur didukung oleh para menteri yang memiliki kualitas luar biasa.

Akan tetapi, dia menilai pemerintahan setelah Gus Dur kembali ke pola-pola ala Orde Baru meski dengan gaya yang berbeda.

"Begitu dua pemerintahan yang sangat progresif dan reformatif ini selesai, kembalilah anasir-anasir lama yang motifnya itu otoriter, KKN, balik lagi deh," ujarnya.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x