YLBHI Minta Aparat Jangan Buat Chaos Saat Demo 11 April 2022, Refly Harun Ingatkan Kasus Omnibus Law

- 10 April 2022, 03:50 WIB
YLBHI Minta Aparat Jangan Buat Chaos Saat Demo 11 April 2022, Refly Harun Ingatkan Kasus Omnibus Law.
YLBHI Minta Aparat Jangan Buat Chaos Saat Demo 11 April 2022, Refly Harun Ingatkan Kasus Omnibus Law. /Ilustrasi/Silmi Akhsin/Suara Soppeng

KABAR BESUKI - Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) meminta aparat untuk tidak membuat chaos saat aksi demo mahasiswa pada Senin, 11 April 2022 mendatang.

Pakar hukum tata negara Refly Harun menanggapi pernyataan YLBHI jelang demo 11 April 2022 tersebut dengan mengingatkan publik pada kasus demo Omnibus Law Oktober 2020 lalu.

Refly Harun mengetahui adanya 'pasukan' berbaju hitam yang diduga kuat menjadi pelaku pembakaran halte bus pada saat demo Omnibus Law dan telah diinvestigasi oleh tim dari Najwa Shihab.

"Waktu (demo) Omnibus Law, ada 'pasukan' berbaju hitam sehingga tidak bisa dikenali, gerakannya sigap, tiba-tiba melakukan pembakaran terhadap halte bus dan diinvestigasi oleh pasukan Najwa Shihab," kata Refly Harun sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Refly Harun pada Minggu, 10 April 2022.

Baca Juga: 6 Tuntutan BEM SI Terhadap Presiden dalam Demo 11 April 2022, Kepolisian Siap Membubarkan

Refly Harun menilai, gerakan 'pasukan' hitam tersebut tampak begitu kontroversial jika dicermati dari menit ke menit.

Mantan jurnalis Media Indonesia (MI) itu menilai, tindakan 'pasukan' hitam yang diduga kuat membuat chaos saat demo Omnibus Law memicu legitimasi di kalangan masyarakat bahwa setiap aksi demo yang bersifat kontra pemerintah merupakan demo anarkistis dan ditunggangi oleh tokoh politik oposisi.

"Dari menit ke menit, terlihat gerakan-gerakan mereka itu kontroversial, sehingga muncul legitimasi di masyarakat kalau demo ini demo anarkistis, ditunggangi, dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Dinilai Penghianat Rakyat, BEM Akan Gelar Demo Besar-besaran pada 11 April 2022

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Refly Harun


Tags

Terkait

Terkini

x