Instruksi Presiden, Sejumlah Langkah Penanganan Covid19 di Jawa Timur

- 26 Juni 2020, 07:40 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan arahan di Gedung Grahadi Surabaya,
Presiden Joko Widodo memberikan arahan di Gedung Grahadi Surabaya, /

KABAR BESUKI - Kunjungan pertama di Jawa Timur pada masa pandemi Covid-19. Presiden Joko Widodo menyampaikan agar pengendalian Corona Virus Disease 2019 dilakukan secara bersinergi dan saling terintegrasi daerah satu dengan yang lain.

Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang berbatasan langsung harus saling membangun kerja sama dalam sebuah aglomerasi) atau penggabungan elemen dalam suatu tempat untuk efektif mencegah penyebaran corona.

Hal itu disampaikan, Presiden Joko Widodo bersama Gubernur Jawa Timur, sejumlah menteri dan Forpimda Provinsi Jawa Timur, di Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis, 25 Juni 2020.

Presiden memberikan instruksi penanganan Covid-19. Pertama ialah mengenai tes masif, pelacakan secara agresif, perawatan, dan isolasi mandiri terhadap pasien tanpa keluhan yang harus terus dilakukan dengan ketat. “Saya kira sudah dilakukan,” ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Tambahan Pasien Sembuh Melebihi Kasus Baru di Jawa Timur

Presiden kemudian mengingatkan kembali soal pentingnya prakondisi terhadap suatu kebijakan adaptasi kebiasaan baru yang akan ditempuh.

Sosialisasi kepada masyarakat harus dilakukan secara masif terutama mengenai sejumlah protokol kesehatan yang harus diikuti seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan atau keramaian, hingga menjaga imunitas tubuh.

“Jangan langsung dibuka tanpa proses prakondisi. Ditentukan kabupaten mana dulu, kota mana dulu,” tuturnya.

Dalam kaitannya dengan sosialisasi mengenai protokol kesehatan kepada masyarakat, Kepala Negara meminta pemerintah setempat untuk melibatkan elemen masyarakat dan tokoh-tokoh agama untuk turut menyosialisasikan pentingnya protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Choiri Kurnianto


Tags

Terkini