Balai Cagar Budaya Jatim Lakukan Penggalian Peninggalan Kuno di Kediri

- 14 Juli 2020, 19:45 WIB
/

KABAR BESUKI - Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur mulai melakukan ekskavasi penemuan struktur bangunan di Dusun Kebon Agung Desa Brumbung Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Tim akan melakukan ekskavasi mulai hari ini, Selasa (14/7/2020) sampai Jumat (17/7/2020). Sesuai rencana, penggalian dilakukan dua sesi, yakni sesi 1 pukul 06.30-10.00 WIB dan sesi 2 pukul 13.00-16.00 WIB.

Ketua tim BPCB Jawa Timur Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan,dari hasil ekskavasi hari pertama,pihaknya fokus terhadap struktur bangunan yang diduga kuat kolam pemandian atau patirtan.

Baca Juga: Gubernur Jatim Khofifah Apresiasi Robot KECE dari Unesa Bantu Nakes

“Indikasi kalau ini kolam pemandian atau patirtan karena ada jalan air masuk ke kolam. Dan ukuran kolam ini 5,2 kali 5,2 meter,” jelasnya.

“Diperkirakan kolam ini masa Kerajaan Khadiri abad ke 11 dan terus digunakan hingga kerajaan Majapahit abad ke 14.”terang Wicaksono Dwi Nugroho di sela-sela penggalian kolam patirtan.

Bangunan kolam patirtan teraebut berada di ganah milik Moh Sulton yang merupakan Kepala Dusun Kebon Agung, dan diketemukan pekerja gang berniat menggali tanah miliknya untuk membuat kolam.

Baca Juga: Banyuwangi Evaluasi Kebijakan New Normal Life Pariwisata

Baca Juga: Ingin Hubunganmu Lebih 'Romantis', 5 Tips Memanjakan Seorang Pria agar Nyaman Bersamamu

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x