9 Nama Istri Bung Karno dan Simak Ini Kisah Cintanya

- 18 Agustus 2020, 09:22 WIB
/

KABAR BESUKI - Banyak diketahui bahwa sosok Ir. H. Soekarno dikenal sebagai bapak proklamator Indonesia. Sosoknya yang berkharisma dan berwibawa membuat banyak wanita mengaguminya. 

Selama hidupnya, Ir. H. Soekarno yang akrab dipanggil Bung karno ini tercatat memiliki sembilan orang isteri. Berikut nama-nama isteri Bung Karno:

1. Oetari Tjokroaminoto

Oetari Tjokroaminoto
Oetari Tjokroaminoto

Oetari Tjokroaminoto merupakan isteri pertama Bung Karno yang juga puteri pertama pemimpin sarekat Islam, Hadji Oemar Said (HOS) Tjokroaminoto. Oetari dipersunting Bung Karno pada tahun 1921 di Surabaya. Pada saat itu Bung Kano menumpang di rumah HOS Tjokroaminoto ketika sedang menempuh pendidikan di sekolah lanjutan atas.

Bung Karno mengatakan pernikahan dengan Oetari dilakukan karena rasa hormatnya kepada Tjokroaminoto. Selepas istrinya meninggal, Tjokroaminoto merasa cemas karena Oetari belum menemukan jodoh. 

Dan atas usulan adik Tjokoaminoto, Bung Karno diminta menikahi Oetari. Jika dipenuhi, usul itu dianggap mampu meringankan Tjokroaminoto. Permintaan menikah dengan Oetari pun diterima. Bung Karno berharap pernikahannya dengan Oetari dapat meringankan beban Tjokroaminoto yang ia anggap sebagai guru dan orangtua.

Baca Juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

2. Inggit Ganarsih

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x