Hari Batik Nasional, Menteri Koperasi dan UMKM Apresiasi Perkembangan Batik Banyuwangi

- 2 Oktober 2020, 18:46 WIB
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki bersama Bupati Banyuwangi Azwar Anas /BanyuwangiKab.go.id

KABAR BESUKI - Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki mengapresiasi perkembangan batik Banyuwangi. Teten pun mendorong pemkab terus menggerakkan ekonomi kreatif untuk memperkuat pariwisata daerah. 

"Batik sangat potensial dikembangkan, apalagi Banyuwangi sebagai daerah wisata. Batik akan memperkuat produk wisata Banyuwangi," ucap Teten saat mengunjungi Rumah Kreatif Banyuwangi didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Jumat (2/10/2020).

Menurut dia, para pelancong pasti akan mencari kekhasan suatu daerah. Kuliner, dan oleh-oleh akan melengkapi pengalaman wisatawan saat berlibur di suatu daerah. 

Baca Juga: Final, BSU Gelombang Terakhir Diserahkan BPJS Ketenagakerjaan ke KEMNAKER

"Kain batik ini salah satu oleh-oleh yang diincar wisatawan. Apalgi batik Banyuwangi ini konon punya pondasi filosofi yang kuat, ini sangat potensial dikembangkan," kata Teten dikutip dari BanyuwangiKab.go.id.

Khusus dalam rangka peringatan Hari Batik Nasional, Teten mengajak semua warga untuk terus bangga mengenakan kain batik nusantara di setiap kesempatan. 

"Ayo kita semua sepakat pakai batik. Seperti Udeng Banyuwangi (penutup kepala-red) dari kain batik yang saya pakai saat ini. Keren. Ayo lestari dan kembangkan batik warisan nusantara ini," kata Teten. 

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila, Pimpinan DPRD Kunjungan Kerja di SMAN 1 Giri

Selama melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi, Teten dijamu sarapan pagi di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi oleh Bupati Anas dengan menu kuliner khas Banyuwangi. Mulai dari kesrut kikil, ayam pedas, hingga aneka jajanan tradisional. 

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x