Kenalkan Tahu Khas Desa Gitik Banyuwangi, Para Warga Buka Pasar Kuliner Tradisional

- 4 Oktober 2020, 17:31 WIB
Bupati Banyuwangi Azwar Anas Saat Berkunjung di Pasar Tradisional Desa Gitik
Bupati Banyuwangi Azwar Anas Saat Berkunjung di Pasar Tradisional Desa Gitik /

KABAR BESUKI - Dikenal sebagai wilayah penghasil tahu, mereka membuat pasar kuliner tahu. Warga Desa Gitik Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi berinisiatif membuka pasar tradisional. 

Pasar ini dibuka untuk lebih mengenalkan produk tahu produksi masyarakat desa Gitik juga sekaligus memasarkan produk unggulan secara kreatif.

Kepala Desa Gitik, Hamzah mengatakan pasar ini dibuat atas inisiatif warga. Mereka mengaku ingin produk tahu buatan mereka dikenal lebih luas oleh warga karena kekhasannya.

Maklum saja, tahu di daerahnya memiliki rasa yang khas. Para pengrajin tahu di wilayahnya masih mempertahankan proses pembuatan yang masih tradisional yakni menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya.

Baca Juga: KA Wijaya Kusuma Relasi Ketapang-Cilacap Beroperasi Hanya 2 Hari, Simak Jadwalnya!

Seperti dikutip dari BanyuwangiKab.go.id, “Tahu Gitik ini sangat khas, bertekstur kering tapi lembut di dalam. Selain itu, bahannya juga alami tanpa pengawet dan masih tradisional. Patut dicoba,” promosi Hamzah.

Dengan kekhasan ini, Hamzah mengaku warga ingin agar tahu buatan mereka ini dikenal lebih luas. Mereka lalu terpikir untuk membuat pasar kuliner tematik dengan tahu sebagai menu utama.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Menepi' Dipopulerkan Guyon Waton, Kunci Gitar Mudah

"Bersama-sama berinisiatif membuat pasar kuliner. Melengkapi pasar-pasar kuliner Banyuwangi yang telah ada sebelumnya. Alhamdulillah, selain upaya untuk mengenalkan tahu, kami berharap bisa menggerakkan ekonomi warga desa di sini," katanya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini