Pemkab Banyuwangi Beri Solusi Para Seniman Dengan Tampil Secara Virtual

- 7 Oktober 2020, 18:53 WIB
Pemkab Banyuwangi Beri Solusi Para Seniman Tampil Secara Virtual
Pemkab Banyuwangi Beri Solusi Para Seniman Tampil Secara Virtual /BanyuwangiKab.go.id

KABAR BESUKI - Di tengah suasana pandemi Covid-19, Pemkab Banyuwangi tetap berupaya menggeliatkan sektor kesenian daerah. Salah satunya dengan menggelar event seni ”Banyuwangi Performance Art” secara virtual yang disiarkan secara live di platform media sosial.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, di masa pandemi saat ini, sejumlah kegiatan seni dan budaya yang biasa digelar dalam agenda Banyuwangi Festival, sejak Maret lalu terpaksa ditiadakan.

“Tentunya hal ini membawa konsekuensi bagi para pelaku seni di daerah. Meskipun hal ini juga dirasakan oleh banyak orang di bidang profesi lainnya. Untuk itu Pemkab berupaya untuk memberikan solusi meskipun dalam keterbatasan,” ujar Anas seperti dilansir dari BanyuwangiKab.go.id.

Baca Juga: Awas! Melanggar Palang Pintu di Perlintasan Kereta Api Sebidang Terancam Denda hingga Kurungan

Salah satu solusinya dengan menggelar event seni secara virtual yang diberi tajuk ”Banyuwangi Performance Art”. Di event ini, pelaku seni daerah diberi kesempatan tampil secara bergiliiran dan disiarkan secara langsung melalui sejumlah kanal media sosial daerah.

“Para pelaku seni bergiliran tampil, ada yang di lokasi wisata, ataupun hotel. Performance mereka kita tampilkan secara live, sehingga siapa pun peminat seni bisa menikmati,” kata Anas.

Anas mengatakan, langkah ini adalah upaya Pemkab Banyuwangi tetap menggeliatkan aktivitas seniman, mengingat sejak pandemi datang, para seniman ini praktis tidak tampil, sehingga tentu berpengaruh pada pendapatan mereka.

Baca Juga: Ini Dia Top Go-To Merchant Baru ShopeePay yang Bermanfaat untuk Kamu!

“Dinas memberikan insentif bagi seniman yang tampil di setiap acara live. Memang tidak seberapa, namun kami ingin menjaga semangat para seniman untuk terus berkarya. Kami terus konsisten memberikan ruang ekpresi bagi karya-karya mereka. Bedanya kalau dulu pertunjukan ditonton di satu lokasi, sekarang kita nontonnya lewat gadget kita,” kata Anas.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x