Pantau Persiapan Pilkada Serentak 2020 di Jawa Timur, Komisi II DPR RI Kunker ke Banyuwangi

- 13 Oktober 2020, 23:39 WIB
Komisi II DPR RI bersama Bupati Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi
Komisi II DPR RI bersama Bupati Abdullah Azwar Anas di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi /

KABAR BESUKI - Komisi II DPR RI jalani rangkaian kunjungan kerja (kunker) di Banyuwangi untuk memantau persiapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung di sejumlah daerah di Jawa Timur. 

Kunker tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi II DPR RI Arief Wibowo bersama 14 anggota komisi dari berbagai fraksi, serta unsur Kementrian Dalam Negeri yang dimulai Senin kemarin (12/10/2020). 

Rombongan diterima Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan KPU dan Bawaslu Tingkat Jawa Timur dan tiga kabupaten yakni Banyuwangi, Jember dan Situbondo.

Baca Juga: Kemendagri Tetapkan Banyuwangi Sebagai Peringkat Pertama Kabupaten Berkinerja Terbaik di Indonesia

Arief Wibowo mengatakan, kunker Komisi II DPR RI tersebut merupakan kunker spesifik sebagai fungsi pengawasan atas pilkada serentak yang akan berlangsung di wilayah Jawa Timur, khususnya Banyuwangi, Jember dan Situbondo.

“Kami ingin mendapatkan penjelasan tentang progress kesiapan pilkada di tiap daerah, menyerap aspirasi baik usulan maupun kendala yang dihadapi oleh segenap stakeholder dalam menyiapkan Pilkada serentak mendatang,” ujar Arief.

Selain itu, lanjut dia, kunker ini juga ingin memastikan persiapan hingga pelaksanaan Pilkada akan berlangsung dengan mematuhi protokol kesehatan Covid 19. Protokol kesehatan adalah syarat utama berlangsungnya semua tahapan Pilkada.

Baca Juga: Satu Dokter di Banyuwangi Meninggal Karena Covid-19, Bupati Anas: Kita Semua Berduka

“Karena berlangsung di tengah suasana pandemi, maka ada cara-cara baru yang harus dipahami dan dipatuhi baik oleh penyelenggara Pilkada hingga masyarakat pemilih. Semuanya harus mengacu pada penerapan protokol kesehatan yang baik dan tepat,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x