Kemendagri Tetapkan Banyuwangi Sebagai Peringkat Pertama Kabupaten Berkinerja Terbaik di Indonesia

- 13 Oktober 2020, 23:22 WIB
Presiden Joko Widodo berikan penghargaan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas prestasi Banyuwangi meraih peringkat pertama Kabupaten/Kota dengan Kinerja Terbaik
Presiden Joko Widodo berikan penghargaan kepada Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas atas prestasi Banyuwangi meraih peringkat pertama Kabupaten/Kota dengan Kinerja Terbaik /banyuwangikab.go.id

KABAR BESUKI - Kabupaten Banyuwangi kembali mendapat prestasi membanggakan. Paling baru, kota yang berjuluk sunrise of java mendapatkan peringkat pertama sebagai kabupaten/kota dengan kinerja terbaik di Indonesia.

Pencapaian Banyuwangi meraih peringkat pertama Kabupaten/kota dengan kinerja terbaik ditetapkan langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penilaian kepada Banyuwangi berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Kemendagri untuk tahun 2019 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Banyuwangi yang ditetapkan meraih status ”sangat tinggi”.

Baca Juga: Satu Dokter di Banyuwangi Meninggal Karena Covid-19, Bupati Anas: Kita Semua Berduka

Evaluasi itu dilakukan Kemendagri sebagai proses monitoring dan evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan Pemda dalam penerapan prinsip otonomi daerah dan penyelenggaraan urusan pemerintahan.  Evaluasi dilakukan pada 541 kabupaten/kota. Banyuwangi meraih nilai skor tertinggi 3,5592. 

Direktur Evaluasi Kinerja Pemerintahan Daerah dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kemendagri DR. Akbar Ali mengatakan, evaluasi LPPD dilakukan pada enam urusan pemerintahan seperti pendidikan, kesehatan, PUPR, pertanian, pariwisata hingga urusan penanganan kemiskinan. Dari enam indikator tersebut, dirinci lagi lebih detail menjadi 800 lebih indikator kinerja daerah yang menjadi poin penilaian.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Harusnya Berakhir' Cover Kalia Siska ft. SKA 86 Trending YouTube

"Ini menunjukkan, kinerja Banyuwangi berjalan terukur. Banyuwangi juga sukses mensinergikan program pembangunannya dengan program provinsi dan Nawacita nasional," ujar Akbar.

Akbar menjelaskan, penilaian kinerja yang tinggi juga menunjukkan Banyuwangi mampu melaksanakan reformasi birokrasi, baik aspek reorientasi, reorganisasi, maupun restrukrurisasi. "Intinya, Pemkab Banyuwangi sudah berada di rel good governance yang benar," imbuh Akbar seperti dikutip dari situs resmi BanyuwangiKab.go.id.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x