5 Dasar Pancasila Beserta Arti Penting Simbol dan Maknanya

- 18 Oktober 2020, 09:13 WIB
Garuda Pancasila
Garuda Pancasila /

KABAR BESUKI - Pancasila merupakan sebuah pilar ideologis negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta, panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas.

Pancasila merupakan rumusan dan pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh rakyat Indonesia. Pancasila memiliki lima prinsip dasar, kelima sila ini merupakan hasil dari kerja keras Yamin dan Soekarno dalam mengkristalkan nilai-nilai yang ada di bangsa Indonesia.  Berikut lima dasar pancasila yakni:

Baca Juga: Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

  1. Ketuhanan yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Burung Garuda digunakan sebagai lambang negara untuk menggambarkan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan merupakan negara yang kuat.

Warna keemasan pada burung Garuda melambangkan keagungan dan kejayaan. Selain itu, paruh, sayap, dan ekor dari burung ini melambangkan kekuatan dan tenaga pembangunan.

Jumlah bulu pada burung Garuda memiliki arti yakni sebagai hari proklamasi kemerdekaan Indonesia yaitu pada tanggal 17 Agustus 1945 (17-8-1945).

Tak hanya itu, kedua cakar Garuda Pancasila mencengkeram sehelai pita putih bertuliskan bhinneka tunggal ika yang berwarna hitam.

Kalimat ini merupakan kutipan dari kitab Sutasoma karya Mpu Tantular, bhinneka berarti berbeda-beda, tunggal berarti satu, dan ika berarti itu, sehingga jika digabung, bhinneka tunggal ika, memiliki arti berbeda-beda tetapi tetap satu.

Kata-kata ini bermakna meskipun bangsa Indonesia berbeda-beda tetapi pada hakikatnya kita satu kesatuan, bangsa Indonesia adalah satu kesatuan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x