Kabupaten Banyuwangi Kembali Pertahankan Opini WTP Selama 8 Tahun Beruntun

- 21 Oktober 2020, 11:06 WIB
Penghargaan WTP Tahun 2020 Pemkab Banyuwnagi
Penghargaan WTP Tahun 2020 Pemkab Banyuwnagi /

KABAR BESUKI -  Pemkab Banyuwangi kembali mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi WTP berdasarkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Dengan raihan predikat WTP ini, Banyuwangi telah meraihnya selama delapan tahun berturut-turut.

Bupati Abdullah Azwar Anas mengatakan, opini dari BPK ini memotivasi Banyuwangi untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola APBD-nya. Terlebih, opini ini berhasil dipertahankan seiring dengan peningkatan kualitas akuntabilitas pemkab. 

Baca Juga: 6 Jenis Kura-Kura Istimewa dengan Harga Fantastik, Intip Keindahannya!

"Hasil audit BPK pada pelaksanaan keuangan pemkab tahun 2019 menunjukkan adanya penurunan temuan penyimpangan. Ini membuktikan bahwa akuntabilitas keuangan daerah yang dilakukan seluruh SKPD mulai meningkat," kata Anas, Senin (19/10/2020) sepertidikutip dari BanyuwangiKab.go.id.

“Tidak lupa saya sampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab yang telah melakukan berbagai upaya perbaikan pengelolaan keuangan sehingga tata kelola pemerintah berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Penilaian WTP Murni yang diraih Banyuwangi, salah satunya karena Banyuwangi dinilai menerapkan pengendalian internal yang bagus. Dari tahun ke tahun, tingkat penyimpangan atau kesalahan yang material terus menurun. 

Baca Juga: Jadwal TV Hari Ini Rabu, 21 Oktober 2020: INDOSIAR, ANTV, SCTV, NET TV, RCTI, GTV, TRANSTV, TRANS7

"Ini menghasilkan pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien. Pengendalian internal terus kami dorong, apa yang menjadi catatan dari BPK dari tahun-tahun sebelumnya terus kami perbaiki," kata Anas.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah