Ipuk Fiestiandani Fasilitasi Sertifikasi Keahlian Bagi Pencari Kerja di Banyuwangi

- 29 Oktober 2020, 18:01 WIB
IpukFiestiandani Azwar Anas
IpukFiestiandani Azwar Anas /

KABAR BESUKI - Pembukaan lapangan pekerjaan di Kabupaten Banyuwangi menjadi fokus calon Bupati Banyuwangi nomor urut 2, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Ipuk akan memfasilitasi para pencari kerja dengan sertifikasi keahlian atau sertifikasi kompetensi kerja.

"Dengan sertifikasi tersebut akan memudahkan warga Banyuwangi untuk mencari pekerjaan sesuai dengan keterampilan dan keahliannya. Di sisi lain, ini juga akan membantu dunia usaha untuk mendapatkan SDM,” kata Ipuk.

Baca Juga: Dharma Wanita Persatuan Banyuwangi Siap Sinergi Program Pembangunan Pemkab Banyuwangi

Ipuk mengatakan, dengan memiliki sertifikasi menjadi nilai lebih oleh perusahaan atau instansi terhadap warga Banyuwangi yang sedang mencari pekerjaan.

Ini karena sertifkasi merupakan suatu pengakuan terhadap tenaga kerja yang mempunyai pengetahuan, ketrampilan dan sikap kerja sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

Baca Juga: Banyuwangi Gelar Festival Menulis 2020 Bangun Peningkatan Literasi Semangat Optimisme

“Sertifikasi ini macam-macam, ada teknik dan non-teknik. Misalnya sertifikasi bahasa asing, operator alat berat, teknologi informasi, bidang keamanan, dan sebagainya. Dan itu untuk urus sertifikasi cukup mahal, ke depan kami akan memfasilitasi gratis,” ujarnya.

Ipuk menjelaskan banyak keuntungan yang didapat dengan memiliki sertifikasi kompetensi atau keahlian. Seperti kredibilitas dan kepercayaan dirinya akan meningkat karena memiliki bukti bahwa kompetensi yang dimiliki telah diakui. Nilai dalam rekrutmen tenaga kerja akan lebih meningkat.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini