Dinas PU Pengairan Terus Tingkatkan Sumber Daya Air Dukung Ketahanan Pangan di Banyuwangi

- 13 November 2020, 20:59 WIB
/kabarbesuki.com

KABAR BESUKI - Guna mendukung ketahanan pangan di Banyuwangi, Jawa Timur tidak terlepas dari Sumber Daya Air (SDA) yang memadai.

Untuk itu, Pemerintah Banyuwangi melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pengairan setempat melakukan beberapa upaya dalam mewujudkan ketahanan air.

Sekretaris Dinas PU Pengairan Banyuwangi, Riza Al Fahroby menyampaikan, dalam menjaga ketahanan air ini pihaknya rutin melakukan pemeliharaan, rehabilitasi jaringan irigasi yang rusak, dan melakukan pembangunan atau peningkatan jaringan irigasi.

Baca Juga: Koramil 0825/04 Genteng Bersama Warga Laksanakan Gotong Royong Karya Bakti Bedah Rumah

Saat ini PU Pengairan menghadapi tantangan karena dampak iklim La Nina yang dapat memicu curah hujan bulanan yang tinggi dibandingkan kondisi normal, sehingga dapat berpotensi terjadinya banjir dan nantinya akan memicu kerusakan pada saluran irigasi.

"Kalau untuk stok insyaallah berlebih, karena kita punya banyak bendungan dan long storage yang berfungsi dengan baik, tetapi daya rusak ini yang perlu kita pikirkan," katanya.

Baca Juga: 'Cinta Dalam Hati' Chord dan Lirik Lagu Ungu

Riza menerangkan, untuk meminimalisir adanya daya rusak pada saluran irigasi, pihaknya melakukan upaya dengan cara mitigasi sehingga tidak ada resiko yang berdampak pada masyarakat.

"Mitigasi ini dengan cara normalisasi, termasuk kontrol air dan beberapa pintu bangunan untuk irigasi sudah kita perbaiki. Kemudian mengenai operasional termasuk pintu-pintu bendung besar, seperti di Dam Karangdoro, Dam Singir, peralatan elektrikalnya sudah kita cek semua," jelasnya.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah