Wajib Tahu! Inilah Beberapa Pertimbangan Stasiun TV Dalam Memilih Presenter Olahraga

- 22 November 2020, 19:03 WIB
Salah satu Presenter Bola Valentino Simanjuntak
Salah satu Presenter Bola Valentino Simanjuntak /instagram

KABAR BESUKI – Siaran langsung pertandingan maupun jurnal olahraga (terutama sepakbola) di televisi khususnya untuk televisi terestrial rasanya kurang lengkap jika tidak ada kehadiran seorang presenter (atau yang biasa diistilahkan sebagai sportcaster).

Kehadiran seorang sportcaster tentu saja membuat sebuah tayangan menjadi lebih menarik dan informatif, bahkan secara bisnis keberadaan mereka juga merupakan salah satu cara stasiun televisi untuk menggaet iklan terutama dalam bentuk built-in advertising.

Namun tahukah kalian? Bahwa setiap stasiun televisi yang menayangkan program olahraga tentunya mempunyai sejumlah pertimbangan tersendiri dalam memilih presenter yang akan ditugaskan dalam sebuah program. Apa saja? Mari kita ikuti ulasan berikut ini berdasarkan opini penulis.

Baca Juga: Nonton MotoGP Portugal 2020, Akan Tayang di Trans7 Malam Ini Minggu 22 November 2020 Pukul 21.00 WIB

Memiliki Track Record Yang Memadai Sebagai Presenter / MC Khususnya Untuk Bidang Olahraga

Seorang presenter tentu saja harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang memadai. Selain itu, presenter juga diharuskan untuk mempelajari banyak hal (tetapi tidak semuanya) agar dapat menguasai program yang dibawakannya.

Dalam hal ini, tentu saja pengetahuan tentang dunia olahraga (khususnya sepakbola yang paling banyak peminatnya) sebisa mungkin harus benar-benar dikuasai agar saat siaran berlangsung, presenter mampu menguasai jalannya program terlebih jika diharuskan untuk berbincang-bincang dengan komentator yang merupakan pakar dari sebuah cabang olahraga (umumnya berprofesi sebagai wartawan olahraga atau mantan atlet dari cabang olahraga tertentu).

Baca Juga: Saat Masa Pandemi, Jangan Melakukan Olahraga yang Berlebihan Bila Ingin Tetap Sehat

Umumnya, semakin tinggi jam terbang seorang sportcaster, akan semakin diperhitungkan oleh banyak stasiun TV. Konsekuensinya, rate card seorang sportcaster akan semakin mahal.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini

x