Hutang Indonesia Dikabarkan Makin Tinggi, Rocky Gerung Sarankan Pemerintah Kurangi Ambisi Bangun Infrastruktur

- 6 Oktober 2021, 09:37 WIB
Hutang Indonesia Dikabarkan Makin Tinggi, Rocky Gerung Sarankan Pemerintah Kurangi Ambisi Bangun Infrastruktur
Hutang Indonesia Dikabarkan Makin Tinggi, Rocky Gerung Sarankan Pemerintah Kurangi Ambisi Bangun Infrastruktur /pexels-karolina-grabowska-4386431

KABAR BESUKI - Akademisi Rocky Gerung sarankan pemerintah kurangi ambisi membangun infrastruktur karena hutang Indonesia yang dikabarkan makin tinggi.

Rocky Gerung menyebut, publik menduga hutang Indonesia yang dikabarkan naik hingga ratusan triliun akan terus bertambah karena hegemoni China terhadap Asia makin menjadi-jadi dan sangat mengincar pemerintahan suatu negara yang ambisius dalam pembangunan infrastruktur dan lain-lain.

"Dugaan publik gak mungkin hanya yang tersembunyi (Rp200 triliun atau Rp300 triliun) karena ada yang mungkin sudah dijanjikan akan berlebih lagi tuh. Kan kita paham bahwa politik luar negeri China dalam upaya menghegemoni kawasan Asia itu berlangsung terus-menerus, dan China paham mana pemerintah yang ambisius untuk membangun segala macem," kata Rocky Gerung sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari kanal YouTube Rocky Gerung Official pada Rabu, 6 Oktober 2021.

Baca Juga: China Menjerat Negara-negara ‘Miskin’ dengan Kekuatan Hutang yang Dinilai Luar Biasa

Rocky Gerung mencontohkan, Laos dan Malaysia (sebelum dipimpin Mahathir Mohamad) memiliki ambisi yang sangat tinggi untuk membangun infrastruktur hingga hutang mereka membengkak.

Ironisnya kata dia, Indonesia justru semakin ambisius dan seolah belum puas dalam membangun infrastruktur sehingga ketergantungan terhadap hutang dari China semakin tinggi.

"Laos ambisius tuh untuk membangun segala macem, Malaysia bahkan sebelum diganti oleh Mahathir juga ambisius sehingga hutangnya besar sekali. Indonesia belum puas, karena itu pasti Indonesia masih akan melaju untuk minta hutang dari China," ujarnya.

Baca Juga: Awalil Rizky Sebut Jokowi Ingkar Janji Karena Lemahnya Pertumbuhan Pendapatan Nasional dan Hutang Meningkat

Rocky Gerung menyebutkan, hutang senilai Rp200 triliun yang ditanggung Indonesia akan makin bertambah tinggi karena tingginya ambisi untuk membangun infrastruktur.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: YouTube Rocky Gerung Official


Tags

Terkait

Terkini

x