100.000 Orang di Filipina Dievakuasi, Akibat Topan Super Pertama Tahun Surigae

- 20 April 2021, 03:48 WIB
ILUSTRASI Topan,*/PIXABAY
ILUSTRASI Topan,*/PIXABAY //Choirun Nisa Ulfa/

KABAR BESUKI - Angin kencang dan gelombang tinggi menghantam Filipina timur pada Senin 19 April 2021, ketika topan terkuat yang pernah tercatat pada April melesat melewati Samudra Pasifik, menewaskan satu orang dan memicu banjir di komunitas dataran rendah, kata pejabat bencana.

Biro cuaca nasional mengeluarkan peringatan angin kencang dan hujan lebat pada hari Senin, mengatakan "angin topan yang merusak meluas ke luar hingga 110 km dari pusat badai".

Lebih dari 100.000 orang dievakuasi dari daerah pesisir, menurut badan bencana provinsi.

Baca Juga: Masalah Kontaminasi dan Jutaan Dosis Rusak, Pembuatan Vaksin J&J COVID-19 yang Berada di AS Dihentikan

Baca Juga: Trailer ‘Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings’, Simak Fakta dari Superhero Asia Pertama dalam MCU

Baca Juga: Sinopsis Me and Me Tayang di tvN Movies Selasa 20 April 2021, Ungkap Kematian Misterius Sepasang Suami Istri

Inti dari Surigae, atau Bising sebagai badai yang dikenal secara lokal, diperkirakan tidak akan menghantam daratan. Namun dengan diameter 500 km dan kecepatan angin mencapai 195 km per jam, bagian timur pulau Samar mengalami banjir, sementara beberapa komunitas kehilangan aliran listrik.

Topan super pertama tahun 2021 menandakan musim badai yang sibuk untuk wilayah tersebut di tahun mendatang, kata para ahli.

"Indikasi awal adalah bahwa musim topan 2021 akan memiliki aktivitas setidaknya rata-rata, dan mungkin di atas rata-rata," ahli meteorologi AS Jeff Masters menulis dalam sebuah posting di situs web Yale Climate Connections, yang melaporkan setiap hari tentang kondisi iklim.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel New Asia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x